Jangan Asal Beli, Ini Tips Memilih Daging yang Benar

Anabel Lerric, Jurnalis · Selasa 01 September 2020 09:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 01 298 2270619 jangan-asal-beli-ini-tips-memilih-daging-yang-benar-QAegYGE01O.jpg Tips memilih daging (Foto: Freepik)

Daging merupakan makanan yang memiliki sumber protein terbesar. Di dalam daging terdapat sejumlah besar nutrisi penting seperti protein pembangun otot, vitamin B kompleks dari B1 hingga B12, vitamin C, fosfor, kalsium, asam lemak omega 3 dan banyak lagi.

Hal ini diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena hal itu, daging banyak diminati oleh banyak orang.

Untuk mendapatkan semua nutrisi dari daging tanpa efek berbahaya, penting juga untuk mengingat beberapa hal penting saat membeli daging.

Dilansir dari Times of India, berikut 5 hal yang harus Anda ingat saat berbelanja daging. Simak ya!

 daging

1. Periksa teksturnya

Tekstur atau rasa daging bisa menentukan saat menilai kualitasnya. Daging merah tidak boleh encer atau kuning saat dipotong, dan tidak boleh lepas dari tulang. Jika daging memiliki tekstur kuning atau encer, berarti daging tersebut tidak segar. Sedangkan daging unggas, serat otot harus mudah terlihat dan permukaannya harus kuat saat disentuh. Daging tidak boleh berlendir saat disentuh, dan jari-jari Anda harus tetap kering. Jika dagingnya bening saat dipotong, berarti daging itu tidak segar.

2. Periksa warnanya

Anda bisa mengetahui banyak hal tentang kesegaran daging hanya dengan melihat warnanya. Daging merah harus berwarna merah cerah saat dipotong. Jika daging disimpan dalam kemasan bersegel vakum, mungkin tampak sedikit kecoklatan. Aman untuk dibeli dan dapat disimpan lebih lama di lemari es. Untuk unggas, dagingnya harus berwarna merah muda terang atau putih. Buka mata Anda untuk melihat warna hijau di bawah sayap. Permukaan burung juga tidak boleh ada memar atau penggumpalan darah.

 Baca juga: Natasha Wilona Terkurung Dalam Balok Es, Cantiknya Kebangetan

3. Perhatikan baunya

Salah satu cara tercepat untuk mengetahui kesegaran daging adalah dengan menilai baunya. Apa pun jenis daging yang Anda beli, jika ada jenis daging yang berbau menyengat, jangan membelinya. Daging merah harus memiliki aroma khas domba atau kambing. Daging unggas biasanya tidak memiliki bau yang menyengat, tetapi terkadang berbau seperti daging. Jika aromanya lebih kuat dari itu, kemungkinan dagingnya tidak segar.

4. Pilih daging tanpa kulit

Selain kesegaran daging, penting juga untuk memilih bagian yang tepat untuk mendapatkan manfaat maksimal dan menghindari penyakit. Selalu pilih untuk membeli daging tanpa kulit karena kulitnya kaya akan kalori dan lemak jenuh dalam jumlah tinggi, yang dapat berkontribusi pada berbagai masalah kardiovaskular dan berat badan. Meskipun daging dengan kulit di atasnya membuat daging tersebut lebih lezat saat digoreng. Namun itu tidak sebanding dengan masalah kesehatan.

5. Ketahui asal daging

Saat ini, semakin penting untuk mengetahui dari mana produk daging Anda berasal dan bagaimana sumber dan pembiakannya. Mengetahui asal usul hewan sangat penting untuk memastikan kualitasnya. Dalam kasus membeli daging kemasan, selalu baca label untuk memahami asal dan kondisi peternakan daging tersebut. Penting untuk diingat bahwa memilih jenis dan kualitas daging yang tepat penting untuk mendapatkan manfaat kesehatan terbaik darinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini