3 Bahan Alami Hilangkan Karat Peralatan Dapur Kesayangan

Mayang Magdalena Bengi, Jurnalis · Selasa 01 September 2020 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 01 298 2270927 3-bahan-alami-hilangkan-karat-peralatan-dapur-kesayangan-hIgh8T5AXQ.jpg Ilustrasi. (Foto: Boldsky)

PERALATAN dapur berbahan stainless steel selalu ada di dapur Anda. Namun peralatan ini mudah berkarat jika usianya sudah lama.

Tidak hanya pada peralatan dapur, stainless steel sering digunakan pada keran air, peralatan berkebun dan masih banyak lagi. Karena stainless steel tidak hanya murah, tetapi juga tahan lama terhadap karat karena memiliki lapisan krominum.

Nah jika sudah berkarat apa yang akan Anda lakukan? Jangan membuangnya, cobalah tiga bahan untuk memghilangkan karat pada peralatan dapur Anda, dilansir Okezone dari Boldsky.

Baca Juga: 3 Pose Maria Vania Berbikini, Duh Gemasnya

1. Baking soda

baking soda

Baking soda sangat baik menghilangkan karat. Seperti karat pada sendok cobalah dengan cara ini. Siapkan 1 sendok makan soda kue, 2 gelas air, kain katun lembut bersih dan sebuah sikat gigi.

Campurkan 1 sendok makan soda kue ke dalam satu cangkir air. Gosok menggunakan sikat gigi bagian yang terkena karat.

Soda kue dikenal non-abrasif, sehingga lebih aman untuk menghilangkan karat dari peralatan dapur. Setelah Anda melihat karatnya hilang, cuci dan bilas. Jika karatnya lebih banyak, Anda bisa menambahkan takaran baking soda.

2. Cuka

Cuka menjadi bahan lain yang digunakan untuk menghilangkan karat dari peralatan dapur. Anda perlu mengoleskan cuka ke area yang terkena dan biarkan mengering. Anda kemudian dapat menggosok area tersebut dengan lembut dengan bantuan sikat gigi. Setelah ini, Anda bisa mencuci permukaan dengan air biasa dan mengelapnya hingga kering dengan bantuan kain.

3. Lemon dan soda kue

lemon

Anda perlu mencampur soda kue dan air jeruk nipis dengan proporsi yang sama untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini pada area yang terkena dan diamkan beberapa saat. Setelah ini, Anda bisa menggosoknya dengan bantuan sikat gigi bekas. Terakhir, cuci permukaan dengan air biasa dan lap hingga kering.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini