Pandemi Covid-19, Imunisasi Jalan Terus agar Anak Tak Gampang Sakit

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 01 September 2020 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 01 481 2270788 pandemi-covid-19-imunisasi-jalan-terus-agar-anak-tak-gampang-sakit-8SJYJchRWz.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

IMUNISASI pada saat pandemi Covid-19 menjadi salah satu hal penting yang bisa dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh agar tetap sehat dan kuat. Imunisasi penting diberikan kepada anak sejak dini, agar tubuh mereka menjadi kebal terhadap berbagai penyakit yang menyerang.

Ketua Bidang Hubungan Masyarakat dan Kesejahteraan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Prof. DR. dr. Hartono Gunadi Sp. A(K) mengatakan, IDAI telah melakukan kampanye lewat media sosial, mengenai berbagai panduan imunisasi pada masa pandemi Covid-19. Selain itu IDAI juga memastikan para dokter yang melakukan praktik, untuk tetap mendapatkan fasilitas yang memadai selama menjalankan tugasnya.

Baca Juga: 3 Pose Maria Vania Berbikini, Duh Gemasnya

imunisasi

“Bila ada kekurangan selama pandemi Covid-19, tentu anggota IDAI yang berpraktik di fasilitas kesehatan tersebut, dapat mengkomunikasikannya kepada komite medik. Misalnya hanya disediakan masker bedah, padahal menurut kajian IDAI itu tidak cukup jadi kami menyediakan APD level 2, termasuk hal lainnya seperti face shield,” terang Prof Hartono, dalam siaran pers BNPB, Selasa (1/9/2020).

Selain itu, Spesialis Imunisasi UNICEF Indonesia, dr Kenny Peetosutan menambahkan, selama pandemi Covid-19 menjadi suatu hal yang mengkhawatirkan bila cakupan imunisasi di Indonesia masih tergolong rendah. Karena penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi bisa kembali muncul.

“Akan menjadi kekhawatiran kita bersama bila cakupan imunisasinya rendah untuk waktu yang cukup lama. Ada kemungkinan penyakit-penyakit yang seharusnya bisa dicegah itu kembali ke permukaan,” terangnya.

Ia menjelaskan, untuk penyakit yang bisa menular maka akan dapat menular dengan cepat apabila tidak diimunisasi. Nantinya akan sangat mengkhawatirkan jika kondisi ini menjadi wabah. Selain itu, akan sangat sulit untuk menangani wabah tersebut, apabila terjadi pada saat pandemi Covid-19.

“Anak-anak yang melakukan imunisasi sejak dini agar terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Untuk itu sangat penting untuk masyarakat mengetahui hal ini dan diminta untuk tidak khawatir melakukan imunisasi di puskesmas atau rumah sakit,”pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini