Hanya 2 Jam, Tingkat Akurasi Tes Serologi Capai 99%

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 01 September 2020 15:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 01 481 2270883 hanya-2-jam-tingkat-akurasi-tes-serologi-capai-99-J99lAXNcYq.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

TES serologi antibodi dapat menjadi pilihan baru untuk mendeteksi Covid-19. Metode skrining ini bahkan digadang-gadang lebih akurat dan praktis ketimbang rapid test.

Tes serologi antibodi digunakan untuk menentukan kemungkinan seseorang mendapatkan kekebalan terhadap patogen. Tubuh manusia membuat antibodi sebagai respons terhadap banyak penyakit.

serologi

Baca Juga: 3 Pose Maria Vania Berbikini, Duh Gemasnya

Spesialis Patologi Klinik Dokter Tandry Meriyanti, SpPK dari Siloam Hospitals mengatakan, tes serologi dinilai lebih akurat dengan tingkat keakuratan hingga 99,81%. Dengan berbasis laboratorium, maka hasil dari tes serologi ini bisa didapat setelah 2 jam menjalani tes.

"Tes serologi dikerjakan di alat besar, di laboratorium jadi hasilnya akan lebih lama yakni 2 jam. Kaya medical checkup kan juga dua jam," ujar Dokter Tandry dalam Webinar Merdeka dari Covid-19, Selasa (1/9/2020).

Mirip dengan rapid test, tes serologi antibodi ini mendeteksi antibodi seseorang untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi Covid-19. Namun, tes ini menggunakan instrumen robotik.

"Jadi kita juga melakukan pengecekan melalui darah. CC darahnya pun sama seperti tes pada umumnya yakni 1 tabung," sambungnya.

Bila hasilnya reaktif, lanjut Dokter Tandry, maka pasien bisa melanjutkan dengan melakukan tes PCR guna mengetahui lebih lanjut apakah tubuhnya benar-benar terinfeksi Covid-19.

"PCR kan masih jadi gold standard ya, serologi digunakan hanya untuk membantu screening sehingga apabila pasien reaktif bisa dikonfirmasi dengan PCR dan kita bisa menegakkan diagnosis Covid-19 ini," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini