4 Cara Pilih Foundation yang Cocok untuk Kulit Berminyak

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 01 September 2020 20:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 01 611 2271105 4-cara-pilih-foundation-yang-cocok-untuk-kulit-berminyak-58KUpUBs2Z.jpg Ilustrasi (Foto : Boldsky)

Memilih foundation bagi pemilik wajah berminyak memang lebih sedikit sulit dibanding jenis kulit lainnya. Pasalnya, minyak berlebih yang dihasilkan kulit wajah seringkali membuat makeup menjadi tidak tahan lama.

Selain itu, jenis kulit wajah berminyak juga rentan berjerawat. Karenanya, dibutuhkan trik khusus dalam memilih foundation untuk kulit berminyak.

Melansir Boldsky pada Selasa (1/9/2020), berikut 4 cara memilih foundation untuk kulit berminyak.

Formula

Foundation

Foundation yang baik untuk kulit berminyak adalah yang memiliki formula bubuk atau cair serta berbahan dasar air. Kulit berminyak terjadi ketika kelenjar penghasil minyak di kulit menghasilkan minyak berlebih, membuat kulit Anda berminyak dan rentan berjerawat.

Foundation bubuk dapat membantu menyerap minyak berlebih serta memberikan hasil akhir yang halus. Ini juga ringan di kulit dan tidak menambah minyak berlebih pada kulit Anda.

Baca Juga : Potret Artis Cantik Kenakan Busana Rancangan Oscar Lawalata

Hasil akhir

Sebelum membeli foundation, tentukan dulu hasil makeup yang Anda inginkan. Apakah Anda menyukai hasil akhir matte atau glossy.

Bagi Anda pemilik kulit berminyak, sebaiknya hindari foudation dengan hasil akhir dewy karena hanya akan menambah kilau dan membuat kulit Anda lebih berminyak.

Hasil terbaik untuk kulit berminyak adalah matte atau semi-matte. Hasil akhir ini memberi Anda tampilan yang lebih alami.

Sesuaikan dengan warna kulit

Untuk menghasilkan makeup yang cantik dan natural, Anda harus menemukan warna foundation yang tepat yang sesuai dengan warna kulit Anda. Warna yang tepat dapat menyatu dengan warna asli kulit Anda sehingga membuatnya terlihat alami.

Foundation

Seringkali dengan warna foundation yang salah, kulit kita akhirnya terlihat pecah-pecah atau pucat. Jadi, meskipun Anda sudah mendapatkan formula dan hasil akhir yang tepat, hasil akhirnya akan terlihat buruk.

Uji foundation pada garis rahang dan leher Anda. Jika foundation tersebut menyatu dengan kulit dan Anda tidak dapat membedakannya, maka itulah warna foundation yang tepat. Padukan warna foundation yang lebih terang dan lebih gelap untuk mendapatkan warna kulit yang Anda sesuaikan.

Uji foundation sebelum membeli

Ada baiknya Anda mencoba tester produk sebelum membeli foundation tersebut. Karena dengan mencoba testernya, Anda bisa mengetahui apakah produk tersebut cocok dan menyatu dengan sempurna di kulit Anda. Biarkan foundation menempel di kulit Anda selama 4-5 jam sebelum Anda membuat keputusan akhir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini