Minum Air Dingin saat Berolahraga, Aman Gak Sih?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 01 September 2020 18:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 01 612 2270976 minum-air-dingin-saat-berolahraga-aman-gak-sih-iZV5iBaWOI.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SETELAH berolahraga, kita memang memerlukan air agar tubuh tetap terhidrasi. Pasalnya, ketika tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, maka akan berujung pada kelelahan dan tekanan darah tinggi, karena kurangnya cairan dan mineral tubuh.

Agar tetap terhidrasi, kita pun harus mengonsumsi air. Tapi yang menjadi pertanyaan adalah, lebih baik mana, mengonsumsi air dingin atau air hangat saat berolahraga?

Melansir WebMD, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa orang yang minum sekitar 50 persen lebih banyak air dingin dibandingkan dengan air hangat saat mereka berolahraga, mengurangi dehidrasi.

Olahraga berat

Studi lain menunjukkan bahwa orang yang berolahraga dalam cuaca panas dan lembab, mengalami kenaikan suhu inti tubuh yang lebih lambat dan lebih rendah saat mereka minum air dingin daripada air hangat. Baik berlari, bersepeda, atau mengangkat beban, tampaknya mereka yang minum air dingin dapat berolahraga lebih lama tanpa merasa lelah.

"Kadang-kadang ketika Anda merasa sangat panas, Anda akan merasakan lebih banyak kelelahan," kata Brooke Schantz, RD, seorang spesialis nutrisi olahraga.

"Air dingin dapat membantu mencegah suhu inti tubuh Anda naik secara signifikan. Air dingin lebih menyegarkan, dan membuat Anda sedikit lebih baik," tambah Ahli gizi olahraga Nancy Clark, RD.

Namun penting untuk diingat bahwa air dingin tidak sama dengan air es. Yang terpenting, adalah Anda tetap harus mengonsumsi air saat berolahraga, terlepas dari apakah itu air dingin atau normal.

"Tetap terhidrasi berarti Anda akan memiliki detak jantung yang lebih rendah dan suhu tubuh yang lebih rendah. Anda tidak akan merasa lelah dan performa Anda akan lebih baik," kata Schantz.

Untuk memastikan Anda minum cukup air, dia menyarankan minum segelas besar (16 ons) beberapa jam sebelum Anda berolahraga, kemudian satu cangkir (8 ons) sekira 10 atau 20 menit sebelumnya. Saat berolahraga, terutama di cuaca panas, minumlah seteguk setidaknya setiap 15 atau 20 menit.

Banyaknya air yang perlu Anda minum tergantung pada seberapa banyak Anda berkeringat. "Untuk setiap pon yang hilang karena keringat, Anda perlu minum 16 hingga 24 ons," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini