Share

Sukses Karier Sambil Kuliah? Intip Rahasianya!

Agustina Wulandari , Okezone · Rabu 02 September 2020 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 12 2271618 sukses-karier-sambil-kuliah-intip-rahasinya-KXeRMKPA6D.jpeg Foto : Dok.BINUS Online Learning

Sukses dalam karier menjadi impian setiap orang. Siapapun bisa mendapat kesempatan untuk mapan secara finansial dengan meningkatkan jenjang kariernya. Namun, banyak karyawan yang mengawali kariernya dari jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Kejuruan dan langsung memilih bekerja tanpa menempuh pendidikan tinggi. Tetapi sebenarnya, bekerja pun bisa ditempuh sambil kuliah bahkan mereka bisa memiliki karier yang lebih baik.

Walaupun mereka sudah memiliki pengalaman kerja atau menduduki posisi tertentu, pengakuan pendidikan format ijazah SMA sederajat belum mencukupi, seringkali merasa tidak nyaman dengan menyebutkan pendidikan formal yang dimiliki.

Untuk itu, para karyawan yang sudah merasa memiliki pengalaman dan keahlian memilih untuk melanjutkan pendidikannya. Namun beberapa lembaga pendidikan belum mengakui pengalaman dan keahlian mereka, sehingga para karyawan harus memulai pendidikannya dari awal dengan mengikuti perkuliahan reguler atau kelas karyawan.

Melihat situasi ini lah, BINUS Online Learning berinisiatif membuka program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), dimana program ini diperuntukkan para calon mahasiswa yang sudah bekerja minimal 3 tahun dan ingin menempuh pendidikan sarjana untuk meningkatkan karier mereka di kemudian hari. Dengan sistem online, tentunya memudahkan para calon mahasiswa mengikuti perkuliahan. Apalagi, di tengah situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, tentunya selain memudahkan para calon mahasiswa, mereka tetap aman dengan berkuliah dari rumah.

Agus Putranto, Direktur BINUS Online Learning mengatakan program RPL ini membantu para calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikannya dan pengalaman serta keahlian mereka bekerja diakui oleh kampus, sehingga para calon mahasiswa tidak perlu menempuh mata kuliah dari nol.

Menurut Agus, kuliah online yang diterapkan RPL ini akan menjadi tren di masa yang akan datang. Ia pun menuturkan bahwa saat ini perusahaan juga mengakui sertifikasi dari keahlian yang dimiliki oleh mahasiswa.

“Jadi bukan hanya ijazah, tetapi juga sertifikat yang dikeluarkan institusi. Dari sanalah dengan Peraturan Pemerintah yang ada, kami mengembangkan penerimaan jalur program RPL ini,” ujarnya dalam wawancara ekslusif dengan Okezone.

Program RPL ini menawarkan 5 jurusan, diantaranya Bisnis Manajemen, Akuntansi,  Teknik Informatika, Teknik Industri, dan Sistem Informasi. Serunya, calon mahasiswa bebas memilih jurusan yang ditawarkan. Jurusan yang dipilih tidak harus sesuai pekerjaan yang dijalani.

“Pengalaman pembelajaran dilihat dari capaian pembelajaran sesuai dengan hasil yang diharapkan oleh kampus. Jika memang ada yang sesuai, maka beberapa mata kuliah bisa diakui,” imbuhnya.

Dengan persyaratan yang mudah, para calon mahasiswa bisa langsung ikut bergabung dalam program RPL BINUS Online Learning dengan memenuhi beberapa syarat, yaitu :

1. Mempunyai ijazah SMA/SMK sederajat

2. Punya pengalaman kerja minimal 3 tahun

3. Untuk mendukung keahlian yang dimiliki calon mahasiswa, harus melampirkan sertifikasi-sertifikasi yang dimiliki, atau jika tidak punya sertifikasi, bisa melampirkan bukti dari skill yang pernah dia kerjakan.

Agus mengungkapkan bahwa setiap calon mahasiswa punya keahlian tertentu dan pihak kampus akan bandingkan dengan capaian pembelajaran lulusannya, sama tidak dengan kemampuan yang dimiliki calon mahasiswa. Kalau sama berarti kampus bisa mengakui calon mahasiswa lulus untuk mendapatkan nilai yang sesuai.

Dalam program RPL, mahasiswa juga bisa kuliah lebih cepat. Tidak dituntut harus 4 tahun, tergantung dari pengakuan capaian pembelajaran yang diperolehnya. BINUS Online Learning juga mengakomodir sertifikasi keahlian yang dimiliki oleh calon mahasiswanya.

BINUS Online Learning memiliki izin pemerintah untuk pembelajaran online. Menurut Agus, pembelajaran dengan program RPL sangat memudahkan mahasiwa, karena lebih cepat, biaya pun lebih murah karena biaya satu mata kuliah tidak dibayar sepenuhnya, mahasiswa pun lebih nyaman dengan waktu yang fleksibel dengan pembelajaran kuliah online ini.

“Dengan perkuliahan BINUS Online Learning ini mahasiswa tidak perlu datang ke kampus. Datang pun hanya sesuai kebutuhan saja,” paparnya.

Agus berharap, dengan adanya program RPL ini kampus memiliki mahasiswa dengan kemampuan tertentu yang bisa dibagikan ke mahasiswa yang lain.

“Jadi mahasiswa baru yang mulai dari nol, yang dari SMA atau yang sudah kuliah 1 - 2 tahun itu mempunyai temen yang punya pengalaman. Jadi mereka bisa sharing, teorinya begini, tapi di lapangan ternyata kondisinya tidak sama. Jadi itu bisa memperkuat mahasiswa kita sendiri,” pungkasnya.

So, dengan bekal pengalaman dan keahlian kerja yang dimiliki calon mahasiswa, tentunya akan lebih mudah meningkatkan jenjang karier dan pastinya diakui oleh kampus dan perusahaan. Pendaftaran program RPL akan dibuka pada bulan September 2020 untuk perkuliahan yang akan dimulai bulan November 2020. Pastikan kamu jadi bagian dari mahasiswa program RPL BINUS Online Learning ini ya!!

CM

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

(yao)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini