Share

Hangout Bersama Teman, Lakukan 5 Hal Ini agar Terhindar dari Covid-19

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 02 September 2020 11:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 196 2271299 hangout-bersama-teman-lakukan-5-hal-ini-agar-terhindar-dari-covid-19-BD3yePc0DF.jpg Hangout pakai masker (Foto: NPR)

Pandemi Covid-19 yang muncul sejak Maret di Indonesia tak hanya menggerus kesehatan fisik dan ekonomi, tetapi juga kesehatan mental. Karantina yang dilakukan guna mencegah Covid-19 dapat berakibat pada kesehatan mental.

Namun, di era new normal ini, pertemuan alias hangout sudah kembali diperbolehkan. Hanya saja, masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Nah, buat kamu yang udah kangen ingin bertemu teman-teman di masa pandemi, melansir Times of India, berikut 5 hal yang harus kamu terapkan agar tetap aman.

 pakai masker

1. Jangan pernah lepaskan masker

Meski kamu merasa sudah menjaga jarak dengan teman-teman sekitar 1 hingga 2 meter, namun memakai masker tetap harus dilakukan. Jika kamu belum terbiasa menggunakan masker, kamu mungkin merasa tak nyaman dan ingin melepasnya, tapi ingatlah orang-orang disekitarmu.

Meski kamu merasa sehat, bukan berarti kamu tidak memiliki risiko akan tertular Covid-19. Jadi, tetap patuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker ya.

 Baca juga: Pose Pusing Cinta Laura Pamer Kulit Mulus, Bikin Pria Mabuk Kepayang

2. Usahakan pertemuan outdoor

Generasi milenial memang dikenal lebih suka nongkrong di kafe ber-AC ketimbang main di luar. Akan tetapi, melakukan pertemuan di kafe saat pandemi masih berlangsung memiliki risiko lebih besar terhadap Covid-19.

Jadi, ketika kamu berencana untuk hangout, pilihlah tempat atau kafe outdoor karena berada di luar ruangan menurunkan risiko tertular infeksi, pastikan memilih tempat yang berventilasi baik untuk hangout.

3. Jangan berbagi makanan, minuman, atau alat makan

Saling berbagi makanan dengan sahabat memang sudah menjadi tradisi. Namun saat ini lebih baik tidak dilakukan. Karena berbagi makanan memiliki risiko besar terhadap Covid-19.

Terlebih jika kamu atau temanmu tidak menjaga kebersihan tangan. Menyentuh wajah setelah makan juga berisiko besar terhadap penyakit itu. Makanya, jaga kebersihan tanganmu sebersih mungkin ya.

4. Jangan berjabat tangan dan berpelukan

Karena berpelukan dan jabat tangan berisiko tertular Covid-19, maka cara bersalaman yang aman di masa pandemi adalah dengan tos siku atau tos kaki.

Selain itu, selalu membawa hand sanitizer serta hindari menyentuh benda-benda yang tidak perlu. Meskipun tidak ada cara yang lebih mudah untuk menghindari infeksi, namun mengambil tindakan ini akan membantu kamu meminimalkan risikonya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini