Bukan Semangka, 5 Makanan Ini Ampuh Hidrasi Tubuh karena Tinggi Kandungan Air

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 02 September 2020 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 298 2271310 bukan-semangka-5-makanan-ini-ampuh-hidrasi-tubuh-karena-tinggi-kandungan-air-v03XI3RIRE.jpg Tomat segar (Foto: Health Line)

Air merupakan hal mendasar untuk mendapatkan kesehatan tubuh, tapi air saja tidak cukup untuk menghidrasi tubuh. Faktanya, orang-orang bisa menghidrasi tubuh mereka dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung air cukup banyak.

Bicara mengenai menghidrasi tubuh, Anda mesti paham bahwa saat musim kemarau seperti sekarang, tubuh mudah sekali kehilangan cairan. Karena itu, asupan air saja dianggap tidak cukup, Anda perlu mengonsumsi sumber makanan lain agar kecukupan air tetap terjaga.

Menurut laporan Medical News Today, ada 5 makanan yang bisa Anda konsumsi secara rutin untuk memastikan kecukupan air dalam tubuh. Apa saja makanan tersebut?

 timun

1. Timun

Lalapan yang satu ini ternyata kaya dengan air, lho. Kandungan air di dalam makanan ini mencapai 96,73 persen, membuat makanan ini sebagai sumber air yang baik. Mengonsumsi timun pun memberikan manfaat kesehatan lain, salah satunya adalah antidiabetes.

2. Kubis

Sayuran hijau ini pun ternyata mengandung cukup banyak air di dalamnya, tercatat bahwa kubis mengandung air 95,64 persen. Sayuran ini pun dinilai rendah karbohidrat, kaya akan serat, vitamin A dan K, potasium, dan zink.

3. Seledri

Daun yang biasa digunakan untuk sayur sop itu rendah kalori, protein, dan karbohidrat, tapi sangat kaya akan serat. Daun seledri pun diketahui tinggi vitamin A dan K yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Bicara mengenai kandungan air, seledri punya 95,43 persen air di dalamnya. Ini juga sangat baik untuk mencukupi asupan air tubuh dan efektif untuk menghidrasi tubuh.

 Baca juga: Pose Pusing Cinta Laura Pamer Kulit Mulus, Bikin Pria Mabuk Kepayang

4. Tomat

Buah yang satu ini pun masuk ke dalam deretan makanan mengandung air yang banyak. Dalam buah tomat, terkandung 94,52 persen air. Tomat kaya akan serat, vitamin C dan K, folat, dan potasium. Buah yang satu ini pun sudah sangat dikenal sebagai sumber makanan yang baik untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak.

5. Selada

Lalapan ini pun menjadi sumber air yang banyak, lho. Sayuran hijau ini mengandung 93,47 persen air di dalamnya. Tidak hanya itu, selada pun baik untuk memenuhi nutrisi tubuh karena mengandung vitamin C, A, dan K, serat, dan juga sumber folat yang baik.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini