Tips Masak Daging Ayam biar Mirip Restoran Bintang 5

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 02 September 2020 19:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 298 2271674 tips-masak-daging-ayam-biar-mirip-restoran-bintang-5-qwX2RVwUbT.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DAGING ayam memang menjadi salah satu bahan makanan yang paling sering digunakan. Selain mudah diolah, daging ayam juga mudah didapatkan hampir di seluruh pasar.

Tapi, meskipun mudah bukan berarti daging ayam yang dimasak menghasilkan cita rasa sempurna. Tapi, ketika salah mengolah dada ayam maka rasanya pun menjadi tidak karuan.

Meski demikian, ada beberapa trik khusus untuk membuat cita rasanya enggak kalah lezat dengan sajian di restoran berbintang lima. Dilansir Okezone dari The Daily Meal, memasak dada ayam bisa dibilang susah-susah gampang.

daging ayam

Bila terlalu matang, tekstur daging akan kehilangan sensasi juicy-nya. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar teliti ketika mengolahnya. Mulai dari memperkirakan ketebalan daging dan teknik memasak yang digunakan. Keduanya akan menentukan hasil akhir.

Sejumlah chef profesional sepakat bahwa cara paling ampuh untuk menentukan berapa lama dada ayam harus dimasak yakni, menggunakan thermometer daging. Tujuannya agar daging dimasak dengan suhu yang tepat.

Bila Anda memasak dada ayam dengan suhu 71 derajat celcius, tiriskanlah daging selama kurang lebih lima menit sebelum menyajikannya. Suhu inilah yang direkomendasikan oleh FDA karena kondisi daging tidak terlalu matang.

Nah, jika Anda tidak memilik thermometer daging di rumah, ada beberapa panduan umum untuk memasak dada ayam yang bisa Anda coba.

Anda bisa menggunakan pemanas kompor di dapur. Caranya pun sangat sederhana, Anda hanya perlu menumis daging ayam dengan api besar selama kurang lebih 2 menit, atau 4-6 menit per sisi dengan api sedang/rendah.

Selain itu, untuk mendapatkan tekstur daging yang juicy, lembut, dan matang sempurna, Anda bisa menggoreng daging ayam dalam minyak banyak selama kurang lebih 8-12 menit. Suhunya bisa diatur antara 176 – 185 derajat celcius. Selamat mencoba.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini