5 Tips Bersihkan Toilet agar Tetap Bersih dan Sehat

Vina Destya, Jurnalis · Rabu 02 September 2020 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 481 2271212 5-tips-bersihkan-toilet-agar-tetap-bersih-dan-sehat-RMOftoT5gz.jpg Toilet harus dijaga kebersihannya (Foto: Pixabay)

Toilet merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah rumah. Tidak heran jika banyak pula yang kemudian merancang toilet senyaman mungkin.

Tapi, perlu diingat bahwa toilet bukan hanya harus terlihat nyaman dan mewah, tetapi harus dijaga pula kebersihannya. Alat atau bahan yang dibutuhkan untuk menjaga kebersihan toilet tidak sulit, hanya membutuhkan pembersih toilet berupa sikat dan disinfektan.

Terkadang, toilet yang terlihat bersih ternyata masih menyimpan banyak bakteri yang ada pada celah-celah kecil sehingga sulit untuk dijangkau. Biasanya bakteri-bakteri tersebut terdapat pada sikat toiket, di bawah tepi toilet, di belakang toilet atau bahkan di dudukan toilet.

Berikut Okezone rangkum tips-tips yang bisa dilakukan Okezoners saat membersihkan toilet yang dilansir dari Boldsky.

 membersihkan toilet

1. Bersihkan sikat dengan benar

Parahnya, sikat toilet yang dijadikan sebagai alat pembersih ternyata memiliki lebih banyak bakteri karena kebanyakan orang tidak membersihkan kembali sikat setelah digunakan dan membuatnya menjadi tempat berkembang biak segala jenis bakteri.

Salah satu tips yang bisa dilakukan agar sikat toilet tetap terjaga kebersihannya adalah dengan merendam sikat yang sudah digunakan ke dalam disinfektan selama satu malam karena bakteri biasanya sulit lepas begitu saja.

 

2. Bersihkan dinding toilet dengan seksama

Biasanya salah satu bagian toilet yang sulit dibersihkan adalah bagian dinding. Hal yang bisa dilakukan adalah menggunakan semprotan disinfektan dan diamkan semalaman agar bakteri bisa hilang.

Atau bisa juga menggunakan tisu. Caranya adalah dengan merendam tisu di cairan disinfektan atau larutan pembersih. Setelah itu gunakan alat yang kecil seperti benang untuk menggosok bagian dinding sampai benar-benar bersih. Lalu gosok menggunakan kain kering.

Baca juga: Pose Pusing Cinta Laura Pamer Kulit Mulus, Bikin Pria Mabuk Kepayang

3. Gunakan sarung tangan

Saat membersihkan toilet, kita juga harus menjaga kebersihan salah satunya dengan menggunakan sarung tangan. Karena biasanya ada bagian-bagian yang sulit dijangkau menggunakan alat-alat besar seperti sikat toilet.

Jika seperti itu, sikat gigi bekas menjadi pilihan dan hal itu mengharuskan tangan kita bersentuhan langsung dengan bagian toilet yang kotor. Maka penggunaan sarung tangan saat membersihkan toilet dianjurkan.

4. Cuka putih sebagai disinfektan

Cuka putih ternyata bisa digunakan sebagai disinfektan. Tidak hanya memberikan bau yang segar pada toilet, tetapi penggunaan cuka putih juga bisa mengatasi endapan air yang mengendap di perlengkapan sanitasi.

Okezoners tidak perlu khawatir, karena cuka putih ini tidak mengandung racun, juga bisa dicampurkan dengan minyak serai agar aroma nya lebih segar.

 

5. Siram dengan benar

Menyiram dengan benar merupakan salah satu upaya untuk menjaga kebersihan toilet. Menyiram toilet yang telah digunakan dengan banyak air tidak akan mempan jika tidak dibantu dengan ketelitian saat menyiramnya. Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa kotoran pada sebuah sikat gigi disebabkan oleh partikel kecil yang terbang saat kotoran disiram.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini