Ini Tips Mencegah Dehidrasi saat Cuaca Panas, Salah Satunya Perbanyak Minum

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 02 September 2020 10:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 481 2271262 ini-tips-mencegah-dehidrasi-saat-cuaca-panas-salah-satunya-perbanyak-minum-8TLGP2ISXx.jpg Cuaca panas di pantai (Foto: Emerald View Resorts)

Masyarakat diimbau untuk berhati-hati saat melakukan aktivitas di luar rumah, misalnya saat ke pantai. Pasalnya cuaca panas yang menyerang sebagian besar wilayah di Indonesia dapat memicu terjadinya dehidrasi.

Tubuh manusia secara alami akan kehilangan air melalui keringat dan buang air kecil. Jika tubuh manusia kehilangan lebih banyak cairan daripada apa yang mereka minum, maka seseorang akan mengalami dehidrasi.

perbanyak minum air putih

Dehidrasi parah dapat menyebabkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan. Diantaranya adalah kram, syok, gagal ginjal, dan masalah serius lainnya. Pada manusia berusia 65 tahun ke atas, maka peluang lebih tinggi untuk mengalami dehidrasi.

Dehidrasi juga dapat disebabkan oleh paparan cuaca panas, demam tinggi, muntah dan diare, obat diuretik dan pencahar, serta ketidakseimbangan cairan yang disebabkan oleh kondisi tertentu.

Merangkum dari Amedisys, Rabu (2/9/2020), tentunya dehidrasi bisa dicegah dengan beberapa macam cara. Berikut tips mencegah dehidrasi saat menghadapi cuaca panas.

1. Minum banyak air, sesuai dengan arahan dokter

2. Konsumsi makanan dengan jumlah air yang tinggi seperti buah dan sayuran

3. Hindari atau batasi minuman dengan kafein seperti kopi, teh, dan minuman ringan

4. Hindari atau batasi minuman dengan alkohol

Baca juga: Pose Pusing Cinta Laura Pamer Kulit Mulus, Bikin Pria Mabuk Kepayang

Jika memiliki gejala dehidrasi yang parah, termasuk rasa haus yang berlebihan, demam, detak jantung cepat, pernapasan cepat, sedikit atau tidak ada air seni, urine pekat dengan warna gelap dan bau menyengat maka ada baiknya segera menghubungi dokter.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini