Selain Hilangkan Haus, Ini 4 Manfaat Minum Air Putih bagi Tubuh

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 02 September 2020 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 481 2271530 selain-hilangkan-haus-ini-4-manfaat-minum-air-putih-bagi-tubuh-mzr5hdwvw8.jpg Minum air putih (Foto : Medicalnewstoday)

Cuaca terik yang melanda Jakarta dan wilayah Indonesia lainnya membuat seseorang berkeringat dan menjadi cepat lelah. Jika sudah seperti ini, maka meminum banyak air putih bisa menjadi solusi yang tepat untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Selain itu, mengonsumsi air mineral pada saat cuaca panas juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Merangkum dari Health Line, Rabu (2/9/2020), berikut empat manfaat mengonsumsi air mineral bagi kesehatan tubuh. Yuk disimak.

1. Meningkatkan kesehatan tulang

Minum Air Putih

Asupan kalsium penting karena mampu membantu perkembangan dan pemeliharaan tulang. Air mineral terbukti menjadi sumber kalsium yang baik. Faktanya penelitian telah menunjukkan bahwa tubuh manusia dapat menyerap kalsium dari air mineral seefektif kalsium dari produk susu.

Studi pada 255 wanita pasca menopause menemukan bahwa mereka yang secara teratur minum air mineral kaya kalsium memiliki kepadatan massa tulang yang lebih tinggi dibandingkan yang mengonsumsi air dengan kadar kalsium yang lebih rendah.

Baca Juga : 4 Pesona Aduhai Wika Salim, Body-nya Makin Singset

2. Membantu menurunkan tekanan darah

Penelitian menunjukkan bahwa kadar kalsium dan magnesium yang tidak memadai dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. Studi baru-baru ini menghubungkan air minum yang tinggi magnesium dan kalsium dengan tingkat tekanan darah yang lebih rendah secara signifikan.

Mengonsumsi air mineral dapat membantu menurunkan tekanan darah. Studi empat minggu pada 70 orang dewasa dengan tekanan darah tinggi menemukan bahwa minum setidaknya 1 liter air mineral per hari secara signifikan mampu menurunkan tingkat tekanan darah.

3. Bermanfaat bagi kesehatan jantung

Air mineral berkarbonasi diri dari penyakit jantung. Dua penelitian pada wanita pasca menopause menemukan bahwa minum 0,5–1 liter air mineral berkarbonasi per hari secara signifikan mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol LDL (jahat), sekaligus meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik).

Magnesium dalam air ini juga bermanfaat bagi kesehatan jantung, karena kadar magnesium yang lebih tinggi dalam air dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung.

Minum Air Putih

4. Membantu mengatasi sembelit

Air mineral kaya magnesium dapat membantu mencegah dan mengobati sembelit. Penelitian telah menunjukkan bahwa magnesium menarik air ke dalam usus dan melemaskan otot-otot usus. Kondisi ini membuat tinja lebih lembut dan lebih mudah dikeluarkan.

Studi 6 minggu pada 106 orang dengan sembelit fungsional menemukan bahwa 500 ml air mineral bermagnesium kaya sulfat per hari secara signifikan meningkatkan frekuensi buang air besar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini