Frustasi Rambut Rontok, Rawat di Rumah dengan 5 Bahan Alami Ini Yuk

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 02 September 2020 14:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 611 2271444 frustasi-rambut-rontok-rawat-di-rumah-dengan-5-bahan-alami-ini-yuk-FixF64tnx8.jpg Rambut rontok (Foto: Park Avenue Dermatology)

Merawat rambut tak hanya sebatas menggunakan sampo atau kondisioner. Faktanya, masih banyak orang yang mengalami masalah rambut walaupun sudah rutin keramas.

Masalah rambut yang sangat umum terjadi adalah rambut rontok. Tak hanya mengotori sisir, rambut yang rontok secara terus-menerus juga dapat membuat si penderita frustasi karena khawatir akan kebotakan.

Untuk itu, penting bagi Anda merawat rambut agar tidak mudah rontok. Tak usah pergi ke salon mahal, merawat rambut rontok sebenarnya cukup dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemui kok.

Melansir Boldsky pada Rabu (2/9/2020), berikut 5 cara merawat rambut rontok.

 santan

1. Santan

Santan mengandung vitamin dan mineral yang dapat menjaga rambut Anda tetap sehat dan kuat. Santan dapat meningkatkan folikel rambut yang meningkatkan pertumbuhan rambut serta mencegah rambut rontok.

Caranya pun cukup mudah. Cukup aplikasikan santan pada kulit kepala dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas rambut Anda hingga bersih.

2. Minyak jojoba

Minyak jojoba banyak digunakan pada produk kosmetik. Selain itu, minyak jojoba merupakan obat yang efektif untuk mengatasi rambut rontok. Minyak ini dapat merangsang pertumbuhan rambut, melembabkan rambut, serta meningkatkan kemampuan penyerapan produk yang Anda gunakan.

Anda hanya membutuhkan 2 sendik makan minyak jojoba dan memanaskannya sedikit. Pastikan minyak jojoba tidak terlalu panas karena dapat membakar kulit kepala Anda. Oleskan minyak tersebut di kepala, diamkan sekitar 20 menit, dan bilas dengan sampo.

3. Minyak rosemary

Minyak rosemary memiliki kemampuan untuk meningkatkan regenerasi sel guna mengendalikan rambut rontok. Penelitian menunjukkan bahwa minyak rosemary cukup efektif dalam meningkatkan pertumbuhan rambut.

Jadi, minyak rosemary tak hanya mengurangi rambut rontok tapi juga membuat rambut Anda menjadi lebih tebal dari biasanya. Yang Anda butuhkan adalah 1 sdm minyak kelapa dan 4-5 tetes minyak rosemary.

Caranya, campurkan minyak rosemary ke dalam minyak kelapa, oleskan ramuan ini ke kulit kepala dan rambut, diamkan selama 10 menit sebelum Anda membilasnya dengan sampo.

4. Aloe vera

Aloe vera atau yang juga disebut sebagai lidah buaya ini tak hanya memberikan manfaat pada kulit tetapi juga pada rambut. Lidah buaya merupakan sumber vitamin dan mineral. Ini mengandung enzim proteolitik yang akan memelihara kulit kepala dan mengurangi kerontokan rambut.

Caranya, oleskan gel lidah buaya pada kulit dan usapkan sepanjang rambut Anda. Diamkan selama 45 menit, dan bilas dengan air dingin.

5. Alpukat

Vitamin E yang terkandung dalam alpukat mudah meresap ke akar rambut sekaligus menambah kilau serta kelembaban rambut Anda. Ini juga mengandung biotin vitamin yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Anda hanya membutuhkan 1 buah alpukat matang, 1 sendok makan minyak zaitun, dan 1 lemon. Caranya, tuang alpukat dalam mangkuk dan haluskan hingga membentuk pasta. Tambahkan minyak zaitun dan aduk rata.

Setelah itu, peras lemon ke dalam campuran hingga menjadi pasta yang utuh. Oleskan pasta tersebut pada kulit kepala dan rambut. Diamkan selama 15-20 menit, bilas dengan sampo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini