Beautypedia: Apa Itu Sampo?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 02 September 2020 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 611 2271561 beautypedia-apa-itu-sampo-M1AGkvwpcp.jpg Perawatan rambut (Foto : Ctvnews)

Sampo tentunya bukanlah benda asing bagi kehidupan kita sehari-hari. Sampo umumnya adalah produk yang digunakan saat mandi. Namun tahukah Anda apa itu sampo?

Melansir Science Direct, sampo adalah produk perawatan rambut dasar yang mewakili segmen terbesar kosmetik perawatan rambut. Sampo biasanya berbentuk cairan kental, namun ada juga yang berbentuk batangan.

Sampo dikembangkan untuk menggantikan sabun guna membersihkan kulit kepala dan rambut dengan menghilangkan sebum yang tidak diinginkan, ketombe, debu lingkungan, dan residu produk perawatan rambut.

Sebagian besar kotoran termasuk sebum tidak larut dalam air dan tidak dapat dihilangkan secara efektif dengan air saja. Oleh karena itu, diperlukan sampo yang mengandung kombinasi surfaktan. Kandungan surfaktan dalam sampo biasanya antara 10% dan 20%.

Sampo

Surfaktan mengemulsi kotoran berminyak pada rambut dan kulit kepala, kemudian kotoran dapat ditarik ke dalam air dan dicuci dengan mudah. Setelah keramas, kulit kepala menjadi bersih dan bebas dari kotoran berminyak sampai sebum. Tindakan ini membantu menjaga kebersihan pribadi dan mengurangi kemungkinan peradangan, gatal, dan bau di kulit kepala.

Baca Juga : 4 Pesona Aduhai Wika Salim, Body-nya Makin Singset

Saat ini, sampo memiliki berbagai jenis manfaat serta aroma yang ditawarkan dari masing-masing produk. Mulai dari Sampo anti ketombe, Sampo untuk rambut rontok, Sampo untuk rambut kering, dan masih banyak lagi.

Selain manfaat yang ditawarkan, aroma sampo pun beragam. Anda bisa menemukan sampo dengan aroma buah-buahan hingga berbau kimia yang dijual bebas di pasaran.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini