Viral 'Cara Dapat Uang dari Mama', Apa Kata Psikolog Anak?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 02 September 2020 15:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 612 2271518 viral-cara-dapat-uang-dari-mama-apa-kata-psikolog-anak-3cuZcXk9IC.jpg Ilustrasi (Foto : Parents)

Tengah ramai di media sosial soal unggahan akun Instagram @awreceh.id yang memperlihatkan 'Cara Dapat Uang dari Mama'. Foto tersebut terkesan lucu tapi juga menarik untuk dikulik lebih dalam.

Ada 11 langkah yang bisa dicoba untuk bisa dapat uang dari mama. Isinya antara lain:

Imbalan Anak

1. Sholat Rp2000

2. Mengaji Rp1000

3. Mandi sendiri Rp2000

4. Makan habis Rp1000

5. Pakai baju sendiri Rp1000

6. Bangun tidur (shubuh) Rp1000

7. Tidur siang Rp1000

8. Makan sendiri Rp1000

9. Jaga adik Rp1000

10. Hafal surat pendek Rp3000

11. Membantu orangtua Rp1000

Imbalan Anak

Tidak diketahui apa maksud dari cara untuk bisa dapat uang mama tersebut. Tapi, jika dilihat dari polanya, sepertinya ini cara yang bisa dilakukan anak-anak untuk bisa dapat uang jajan dengan cara menjadi anak baik di rumah.

Baca Juga : 4 Pesona Aduhai Wika Salim, Body-nya Makin Singset

Dalam dunia psikologi, 'Cara Dapat Uang dari Mama' ini bisa dikatakan sebagai reward dari apa yang sudah dilakukan. Pola semacam ini juga banyak diterapkan pada praktek puasa satu bulan penuh.

Ya, beberapa orangtua mengeluarkan perjanjian dengan si anak sebelum memulai puasa hari pertama. Biasanya, orangtua akan menjanjikan sesuatu agar si anak semangat menyelesaikan puasa satu bulan penhnya.

Melihat fenomena reward dalam bentuk uang seperti ini, apa kata psikolog anak?

Menurut Psikolog Anak Karina Istifarisny, praktek reward tersebut ada baiknya. "Tapi, lebih baik lagi kalau perilaku yang positif itu dimulai dari dalam diri tanpa embel imbalan. Apalagi kalau anak sudah usia 7 tahun lebih, ya," terangnya pada Okezone, Rabu (2/9/2020).

Karina melanjutkan, reward yang kadang diberikan orangtua untuk anaknya itu baik dengan tujuan memunculkan tindakan yang diharapkan. Tapi, seperti dijelaskan sebelumnya, akan lebih baik jika si anak juga paham kenapa dia mesti melakukan perilaku yang dianggap positif tersebut.

"Kalau sudah melakukan hal itu, Anda sebagai orangtua sudah melangkah lebih jauh lagi dalam mendidik anak. Dalam memberi pemahaman, diperlukan peran orangtua. Jadi, Anda bukan sekadar kasih uang sebagai hadiah, tapi harus jelasin juga makna dari perbuatan baik tersebut," saran Karina.

Imbalan Anak

Dia menambahkan, bicara soal reward atau hadiah untuk si anak, orangtua tidak harus melulu kasih uang atau benda apapun yang mungkin disukai si anak. Sebab, ada reward yang tak kalah penting dari uang.

"Reward tidak harus dalam bentuk benda, tapi Anda bisa kasih reward ke anak dalam bentuk pelukan hangat, pujian, atau waktu bermain bersama. Itu semua reward untuk anak yang bisa menguatkan tingkah laku tertentu," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini