4 Manfaat Memasak yang Perlu Kamu Tahu, Salah Satunya untuk Terapi

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Kamis 03 September 2020 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 03 298 2272203 4-manfaat-memasak-yang-perlu-kamu-tahu-salah-satunya-untuk-terapi-JCQm8W9Czw.jpg Memasak bersama (Foto: Fairygodboss)

Beberapa penelitian membuktikan bahwa memasak memiliki berbagai macam manfaat, termasuk menuntaskan kekhawatiran akan higienitas. Untuk Anda yang masih membatasi kegiatan di luar rumah di fase adaptasi kebiasaan baru ini, berikut beberapa manfaat memasak yang juga sudah dibuktikan oleh para psikolog.

Psikolog Klinis, Dessy Ilsanti M.Psi mengatakan, untuk mengurangi stres, seseorang harus lebih fokus ke dalam diri sendiri dan apa yang ada di sekelilingnya. Salah satu fokusnya bisa dialihkan ke kegiatan memasak. Lalu apa saja manfaat memasak?

 memasak

1. Memasak memberikan kepuasan tersendiri

Bagi Anda yang bingung dan bosan berkegiatan di rumah atau sudah lama ingin memiliki keahlian baru, memasak bisa menjadi salah satu keahlian yang bisa dipelajari dan bisa berpengaruh terhadap perasaan dan pikiran.

“Dengan bahan yang siap masak sebenarnya sangat memudahkan. Kita tidak harus punya skill ahli dalam memasak, namun tetap memudahkan kita mencapai self rewarding. Jadi kita set standarnya juga jangan ketinggian sehingga mencapainya pun bisa jadi lebih mudah karena kegiatan ini dilakukan sendiri rumah," jelas Dessy.

2. Memasak merupakan cara terapi

Menurut Dr. Rose Mini, memasak memberikan kenyamanan dan menambah eksistensi diri. Maka dari itu jika seseorang menikmati kegiatan memasak, daya tahan tubuh akan meningkat karena ada hormon yang keluar dan tidak dalam situasi tegang. Hal ini yang dapat membantu seseorang bertahan menghadapi pandemi.

3. Memasak membuat lebih kreatif

Sebuah penelitian dari tahun 2016, mengungkapkan bahwa memasak dapat meningkatkan kreativitas dan kebahagiaan. Penelitian ini mengikuti gerakan dan bahasa tubuh 658 orang selama dua minggu ketika memasak dengan cermat dan mencatat bahwa ketika melakukan hal-hal kecil, bermakna, dan menenangkan seperti memanggang setiap hari, membuat perasaan lebih bahagia. Kreativitas yang terlibat dalam memanggang, menurut para ilmuwan, membuat orang merasa lebih membumi dan mampu melakukan sesuatu.

Baca juga: Pria Ini Alami Kebotakan karena Terlalu Sering Olahraga

4. Memasak membantu meningkatkan kualitas hubungan di rumah

Lebih sering melakukan kegiatan di rumah selama pandemi dapat lebih sering menimbulkan konflik. Namun memasak bersama bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini.

"Dengan menu siap masak, pasangan dan anak yang tidak biasa memasak bisa langsung ikutan, dan lebih banyak anggota keluarga yang bisa dilibatkan. Karena memang bahan siap masak ini dibuat untuk memudahkan berbagai kalangan," tambah Dessy.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini