Muncul Reaksi pada Tubuh Usai Disuntik Vaksin, Amankah?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 03 September 2020 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 03 481 2272088 muncul-reaksi-pada-tubuh-usai-disuntik-vaksin-amankah-sILGFzZlXP.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

Vaksin virus corona Covid-19 menjadi salah satu hal yang sedang diperbincangkan saat ini. Kabarnya vaksin yang digunakan untuk mencegah Covid-19 memiliki reaksi pada tubuh orang yang memakainya. Tentu kondisi ini menimbulkan tanda tanya besar bagi masyarakat tentang tingkat keamanan vaksin terhadap tubuh manusia.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Lembaga Biologi Molekuler Lembaga Eijkman, Prof. Amin Soebandrio, MD, PhD, Clin, mengatakan bahwa setiap vaksin yang diberikan kepada manusia pasti akan memberikan efek pada tubuh setiap penggunanya. Tentunya kondisi ini adalah hal yang wajar terjadi dalam dunia medis.

Suntik Vaksin

“Efek (setelah vaksin) memang diperlukan sebagai tanda bahwa tubuh memberikan respon. Justru harus ada gejala, biar tau kalau vaksinnya memberikan respon. Respon bisa bisa bermacam-macam seperti berat dan ringan, reaksi lokal atau menyeluruh, sebentar atau jangka panjang,” ucap Prof. Amin, dalam Digital Media Briefing ‘Dukungan untuk Percepatan Penelitian Vaksin COVID-19’, Kamis (3/9/2020).

Baca Juga : Rayakan Anniversary Pernikahan Ke-3, Raisa: Tertawa Seumur Hidup Bersamamu

Lebih lanjut Prof. Amin mengatakan beberapa gejala yang sering muncul pasca imunisasi adalah pegal, atau demam. Namun masyarakat diimbau untuk tidak takut dan khawatir dengan gejala tersebut, pasalnya rasa sakit tersebut akan hilang keesokan harinya.

“Reaksi lokal biasanya relatif ringan. Bengkak atau kemerahan sebenarnya adalah respon yang baik.selama reaksi bisa ditolelir pada pasien tandanya masih bisa diterima, tapi kalau reaksinya berlebihan, maka tim vaksinasi akan bertindak untuk mengatasinya,” lanjutnya.

Prof. Amin mengatakan dalam proses pengembangan vaksin Covid-19 maka protokol keamanan akan diterapkan dengan sangat ketat. Nantinya subjek yang menerima vaksin Covid-19 akan dipantau secara berkala. Sehingga kalau ada hal yang tidak beres pasti akan langsung ditangani oleh petugas medis.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini