Bagaimana Cara Mengecek Tekanan Darah di Rumah?

Mayang Magdalena Bengi, Jurnalis · Kamis 03 September 2020 16:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 03 481 2272133 bagaimana-cara-mengecek-tekanan-darah-di-rumah-ZqXohafGF5.jpg (Foto: Boldsky)

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, dokter Anda mungkin menyarankan Anda untuk memeriksa tekanan darah Anda setiap hari di rumah. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengecek tekanan darah Anda.

Ketika tekanan darah yang mendorong dinding pembuluh darah secara konsisten terlalu tinggi menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Nah ketika kondisinya menjadi parah, gejalanya baru terlihat. Seiring waktu, tekanan darah tinggi meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, jantung dan gagal ginjal.

Nah, ini dia beberapa cara yang dapat Anda lakukan mandiri di rumah menggunakan pengukur tekanan darah. Dilansir Okezone dari Boldsky.

Mengukur tekanan darah

Tekanan darah adalah ukuran dari jumlah kekuatan yang diberikan darah pada pembuluh darah. Itu diukur dalam satuan milimeter merkuri (mmHg) dan pembacaan diberikan sebagai dua angka. Misalnya, jika pembacaan tekanan darah Anda 132/88 mmHg. Artinya tekanan sistolik 132 dan diastolik 88. Tekanan darah diukur pada waktu yang sama setiap hari dan saat Anda sedang istirahat.

Pada orang dewasa, tekanan darah dianggap normal jika nilai sistolik di bawah 140 mmHg dan nilai diastolik di bawah 90 mmHg. Jika nilai sistolik di atas 140 mmHg dan nilai diastolik di atas 90 mmHg, berarti Anda menderita tekanan darah tinggi.

Panduan yang harus diikuti sebelum memeriksa tekanan darah manual:

1. Pilih tempat yang tenang dan sunyi untuk memeriksa tekanan darah Anda karena Anda perlu mendengarkan detak jantung Anda dengan jelas. Jangan duduk di ruangan yang dingin.

2. Jaga agar diri Anda nyaman dan rileks dan buang air kecil sebelum memeriksa tekanan darah Anda.

3. 30 menit sebelum memeriksa tekanan darah Anda, jangan merokok atau minum minuman berkafein atau beralkohol.

4. Jika Anda mengenakan pakaian berlengan penuh, gulung lengan di lengan Anda. Manset harus diletakkan di atas kulit yang telanjang.

5. Duduklah di kursi dengan meja di sebelahnya selama 5 hingga 10 menit. Jaga punggung tetap lurus dan sandarkan lengan bawah Anda dengan nyaman di atas meja dengan telapak tangan menghadap ke atas.

6. Jangan bicara saat memeriksa tekanan darah Anda.

 . Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengecek tekanan darah Anda.

Baca juga: Resep Es Teler Boba Brown Sugar, Segar Diminum Siang Hari

Mesin tekanan darah otomatis

Mesin ini mudah digunakan dan mengukur tekanan darah secara akurat. Mesin tekanan darah otomatis memiliki monitor digital dengan manset lengan atas yang akan menunjukkan pembacaan tekanan darah Anda di layar.

Panduan mengukur tekanan darah otomatis

1. Pegang bulb di tangan kanan Anda dan tekan tombol daya. Setelah itu semua simbol tampilan akan muncul diikuti dengan angka nol. Monitor Anda siap digunakan.

2. Pompa manset dengan meremas bulb menggunakan tangan kanan Anda.

3. Perhatikan pengukur dan terus pompa sampai alat pengukur menunjukkan 30 mmHg di atas tekanan darah normal Anda.

4. Duduklah dengan tenang dan perhatikan monitor saat pembacaan akan muncul di layar. Tunggu bunyi bip panjang, yang berarti pengukuran tekanan darah sudah selesai. Setelah itu, biarkan manset mengempis.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini