4 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jus Wortel

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 03 September 2020 16:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 03 481 2272159 4-cara-menghilangkan-jerawat-dengan-jus-wortel-zolSVv3y0v.jpg (Foto: Boldsky)

Memiliki jerawat bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Selain mengganggu penampilan, terkadang jerawat juga menyebabkan rasa sakit yang cukup mengganggu aktivitas.

Untuk itu, saat ini terdapat banyak cara untuk meredakan jerawat. Mulai dari menggunakan obat non resep yang dijual di pasaran, hingga menggunakan bahan-bahan alami seperti jus wortel.

Jus wortel kaya akan vitamin A dan C. Vitamin A adalah antioksidan alami yang mendorong produksi sel kulit yang sehat dan menambah kilau alami pada wajah Anda. Ini juga melindungi kulit Anda dari sinar matahari yang berbahaya dan menunda proses penuaan kulit.

Sedangkan vitamin C yang ada dalam jus wortel meningkatkan produksi kolagen di kulit. Kolagen membantu meningkatkan elastisitas kulit, membuat kulit Anda lembut dan halus. Sebagai antioksidan, ini membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan membantu menyembuhkan kulit Anda.

Selain itu, jus wortel juga mengandung potasium, kalsium, natrium, dan beta-karoten, yang semuanya penting untuk menjaga kesehatan kulit dan bebas jerawat.

Bila Anda ingin menggunakan bahan alami untuk meredakan jerawat, berikut caranya seperti dilansir dari laman Boldsky pada Kamis (3/9/2020).

1. Masker Jus Wortel

Anda bisa menggunakan jus wortel dan mengaplikasikannya langsung di wajah untuk menenangkan kulit dan membersihkan jerawat. Yang Anda butuhkan adalah 2 sdm jus wortel segar dan kapas.

Caranya, celupkan kapas ke dalam mangkuk berisi jus wortel segar dan gunakan untuk mengoleskan jus ke seluruh wajah Anda. Biarkan di wajah Anda sampai benar-benar kering. Bilas dengan air bersih. Gunakan obat ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2. Jus Wortel dan Garam Laut

Garam laut mengandung sifat antibakteri yang menghangatkan bakteri berbahaya dan menjaga kebersihan kulit Anda. Selain itu, juga membantu meningkatkan fungsi pelindung kulit dan melembabkan kulit.

Sifat penyerap garam laut membantu menyeimbangkan produksi minyak di kulit dan dengan demikian membantu membersihkan jerawat. Anda hanya perlu 1 sdm jus wortel, 1 sdt garam laut, dan kapas.

Caranya, tuang jus wortel ke dalam mangkuk, tambahkan garam laut dan aduk rata. Oleskan campuran tersebut ke area yang terkena menggunakan kapas.

Pijat lembut wajah Anda dengan gerakan melingkar selama beberapa menit. Biarkan di wajah Anda sampai benar-benar kering. Bilas menggunakan air hangat.

 Selain mengganggu penampilan, terkadang jerawat juga menyebabkan rasa sakit yang cukup mengganggu aktivitas.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengecek Tekanan Darah di Rumah?

3. Jus Wortel dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung asam lemak esensial dan sifat antioksidan yang meningkatkan regenerasi kulit. Minyak zaitun juga sangat melembabkan kulit tanpa takut menyumbat pori-pori kulit dan menutrisi kulit sebaik mungkin.

Yang Anda butuhkan adalah 2 sdm jus wortel, 1 sdt minyak zaitun, dan bola kapas. Caranya, campur kedua bahan menjadi satu dalam wadah, oleskan campuran tersebut ke area yang berjerawat menggunakan kapas.

Diamkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air bersih. Gunakan obat ini seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang optimal.

4. Jus Wortel dan Multani Mitti

Kulit berminyak adalah salah satu alasan utama di balik jerawat. Minyak berlebih akan menyumbat pori-pori kulit yang menyebabkan munculnya jerawat.

Multani mitti cukup populer di kalangan pecinta perawatan kulit karena daya serapnya. Ini tidak hanya menyerap minyak dan kotoran dari kulit Anda, tetapi juga membantu mengelola produksi minyak di kulit untuk menjaga masalah kulit seperti komedo, komedo putih, noda dan jerawat.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Buat jus wortel, tuang ke dalam mangkuk, tambahkan multani mitti secukupnya. Oleskan pasta di wajah dan biarkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air hingga bersih. Gunakan obat ini sekali seminggu untuk hasil yang diinginkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini