Manfaat Baking Soda, Jadi Obat Kumur hingga Meringankan Kulit Gatal

Mayang Magdalena Bengi, Jurnalis · Kamis 03 September 2020 17:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 03 481 2272184 manfaat-baking-soda-jadi-obat-kumur-hingga-meringankan-kulit-gatal-t1aod5Sgab.jpg (Foto: Boldsky)

Baking soda (soda kue) menghasilkan gelembung karbon dioksida yang mengembang di bawah suhu oven, menyebabkan makanan yang dipanggang melebar atau naik. Ternyata ada manfaat lain loh yang terdapat dalam soda kue.

Soda kue, juga dikenal sebagai natrium bikarbonat, bisa menjadi cara yang murah dan aman untuk mengobati banyak penyakit. Salah satunya dapat membantu meredakan refluks asam atau mulas sesekali dengan menetralkan asam lambung. Mengandung natrium yang tinggi, soda kue tidak boleh dikonsumsi berlebihan.

Soda kue juga dapat berinteraksi dengan beberapa obat seperti amfetamin, benzphetamine, digoxin, elvitegravir, gefitinib, ketoconazole, ledipasvir, memantine, dan lainnya. Jika Anda sedang mengonsumsi obat lain, selalu periksa dulu ke dokter sebelum menggunakan soda kue sebagai antasid.

Nah ada beberapa pengobatan rumahan yang lebih sederhana dan manfaat kesehatan yang luar biasa dari soda kue, dilansir Okezone dari Healthline.

1. Gunakan Sebagai Obat Kumur

Obat kumur soda kue dapat membantu menyegarkan napas dan bahkan memberikan sifat antibakteri dan antimikroba. Ini juga dapat membantu meredakan nyeri yang disebabkan oleh sariawan - bisul kecil yang menyakitkan di dalam mulut Anda. Tambahkan 1/2 sendok teh soda kue ke dalam setengah gelas air hangat.

 Soda kue, juga dikenal sebagai natrium bikarbonat, bisa menjadi cara yang murah dan aman untuk mengobati banyak penyakit.

Baca juga: Ini Resep Salmon Panggang yang Tak Bikin Berat Badanmu Naik, Coba Yuk

2. Deodoran Soda Kue

Soda kue juga bisa digunakan sebagai deodoran. Ini dapat membantu menghilangkan bau keringat dengan mengurangi bau asam. Campurkan 1/8 sendok teh soda kue dengan sedikit air dan gosokkan ke bawah lengan Anda.

3. Meringankan Kulit Gatal dan Kulit Terbakar Sinar Matahari

Mandi soda kue adalah obat kuno untuk kulit gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga dan sengatan lebah. Ini juga dapat membantu meredakan gatal akibat sengatan matahari.

Untuk membuat bak mandi soda kue, tambahkan 1–2 cangkir soda kue ke air hangat dan rendam area yang terkena secara menyeluruh. Anda juga bisa membuat pasta dengan soda kue dan sedikit air lalu mengoleskannya ke area yang terkena.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini