Anak Ngemil Sembarangan Ulah Orangtua, Apa Kata Psikolog?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 03 September 2020 13:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 03 612 2271919 anak-ngemil-sembarangan-ulah-orangtua-apa-kata-psikolog-fkDDNEXr2T.jpg Ilustrasi (Foto : Npr)

Tidak bisa dipungkiri banyak anak kecil yang doyan ngemil. Selain karena suka dengan rasanya, anak kecil dibiarkan ngemil juga karena orangtua ingin anaknya bertubuh gemuk supaya terlihat gemas.

Konsep berpikir seperti itu tentunya salah besar. Bayi gemuk tidak melulu baik, malah risiko diabetes anak hingga maslaah kardiovaskular lainnya bisa menghantui si anak. Terlebih jika asupan makanan yang dikonsumsi benar-benar tidak terkontrol.

Nah, membaca masalah tersebut, menurut Psikolog Klinis Tara De Thouars, sebagai orangtua, harusnya Anda menjadi contoh buat si anak. Karena itu, kebiasaan ngemil sembarangan Anda mesti dikontrol agar si anak tidak mencontoh hal tersebut.

Kebiasaan Ngemil Anak

"Kebiasaan ngemil seperti cara, sikap, bahkan frekuensi ngemil akan dilihat dan diikuti oleh anak-anak," ungkap Tara melalui keterangan pers yang diterima Okezone belum lama ini.

Baca Juga : Rayakan Anniversary Pernikahan Ke-3, Raisa: Tertawa Seumur Hidup Bersamamu

Tara pun menjelaskan, tak jarang tanggung jawab orangtua menimbulkan rasa cemas atau bersalah jika anaknya tumbuh kekurangan, sehingga mereka memberikan makanan berlebih ke anaknya. Ya, lagi lagi demi memenuhi standar sosial yaitu anak gemuk itu menggemaskan.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Tara punya cara agar ngemil bijak bisa diterapkan di rumah. Ada tiga tips sederhana yang bisa Anda lakukan, berikut ulasannya:

1. Benahi perilaku ngemil

Menurut Tara, dengan Anda membenahi perilaku ngemil, itu bisa menjadi contoh yang baik untuk si anak. "Biasakan ngemil secara sadar dengan memperhatikan isyarat tubuh agar tidak kelebihan asupan," terangnya.

Tara pun menyarankan agar Anda mengajak anggota keluarga untuk makan secara perlahan dan menikmati setiap gigitan camilan. Hindari ngemil sambil nonton televisi atau main gadget. "Perbanyaklah ngemil di waktu kumpul bersama keluarga, ini akan membuat hubungan lebih hangat," tambah Tara.

2. Atasi kecemasan

Kembali ke awal, Anda membiarkan anak ngemil supaya mereka tidak merasa kekurangan. Tapi, ingat hal ini keliru, sehingga Anda tidak usah merasa cemas atau merasa bersalah. "Atasi kecemasan dan merasa bersalah. Ini membuat Anda bisa memberikan yang terbaik untuk anak sesuai dengan kebutuhannya," tutur Tara.

Kebiasaan Ngemil Anak

3. Prioritaskan yang terbaik untuk anak

Sebagai orangtua, Anda harus mengutamakan apa yang lebih baik untuk anak Anda, bukan sebatas apa yang diinginkan si anak. Ini tentunya akan memberikan Anda kepuasan juga sebagai orangtua bisa memberikan yang terbaik untuk anak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini