Putus Cinta, Coba Lakukan 4 Hal Ini agar Segera Move On

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Jum'at 04 September 2020 09:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 04 196 2272430 putus-cinta-coba-lakukan-4-hal-ini-agar-segera-move-on-B3sjoElqir.jpg Putus cinta (Foto: 123 RF)

Dalam hubungan percintaan memang tak selalu indah. Kadang hubungan begitu menyenangkan bagaikan ada kupu-kupu di dalam perutmu.

Namun percintaan yang hangat pun bisa memudar, saat pasangan kekasih sudah tak sejalan lagi. Bahkan terkadang berpisah menjadi pilihan yang tak terhindarikan.

Nah, saat putus cinta pasti rasanya sedih sekali. Namun tidak masalah sebab itu hanya perasaan sementara. Kamu akan menikmati mentari bersinar lagi dan buang-bunga bermekaran.

Supaya kamu bisa move on, berikut ini hal-hal yang bisa kamu coba seperti dilansir dari Healthline.

 putus cinta

1. Menetapkan batasan

Kadang tak mudah untuk menghindari pertemuan dengan mantan pacar. Apalagi jika tempat tinggal kalian berdekatan. Potensi untuk bertemu dengannya pasti ada.

Menetapkan batasan untuk tidak bertemu dan berkomunikasi dapat membantu mempermudah Anda berdua untuk putus. Namun kalau terpaksa tak sengaja bertemu, sapa saja sebagai teman. Namun jangan lama-lama mengobrol dengannya sebab hatimu masih rapuh.

2. Luangkan waktu untuk berpisah

Sekalipun Anda berdua tahu ingin mempertahankan persahabatan, sedikit ruang untuk beberapa waktu tidak akan merugikan. Beristirahat sejenak dari berkirim pesan dan berkumpul dapat membantu Anda berdua memulai penyembuhan dari patah hati.

Terapis keluarga dan pernikahan, Katherine Parker menyarankan menunggu antara 1 dan 3 bulan sebelum kembali berhubungan dengan mantan Anda, jika itu adalah sesuatu yang Anda inginkan.

Parker menjelaskan, cara ini memberi Anda waktu untuk fokus pada diri sendiri. Ini juga dapat membantu Anda menghindari pola yang berbahaya dalam menawarkan dukungan emosional kepada mantan pasangan dan memperpanjang putus hubungan.

 

3. Hormati kebutuhan satu sama lain

Jika Anda ingin tetap berteman tetapi mantan tidak ingin dihubungi, Anda harus menghormatinya. Jangan menelepon, mengirim Whatsaap, atau meminta teman mereka untuk berbicara dengan mereka untuk Anda. Anda mungkin sangat merindukan mereka, tetapi tidak menghormati batasan kemungkinan besar akan merusak kesempatan persahabatan di masa depan.

Sebaliknya, jika mantan menghubungi Anda, terutama sebelum Anda siap untuk berbicara, jangan merasa berkewajiban untuk menanggapi dirinya. Ini bisa jadi sulit, terutama jika mereka tampak rentan atau mengungkapkan perasaan yang sama dengan Anda.

Ingatkan diri Anda bahwa Anda berdua membutuhkan waktu dan ruang untuk menghadapi emosi-emosi sulit tersebut dan tunggu hingga periode tanpa kontak telah berlalu.

 Baca juga: Cantiknya Zara Adhisty Dibilang Mirip Jisoo BLACKPINK, Netizen Dibikin Gemas!

4. Jaga jarak fisik dan emosional

Jika Anda ingin mencoba pertemanan setelah beberapa lama berpisah, perhatikan pola dan perilaku lama. Seperti menyandarkan kepala di bahunya saat menonton film, atau memeluknya erat saat kalian berboncengan. Hentikan semua kebiasaan kalian saat masih pacaran sebab kalian sekarang hanyalah teman. Ingat batasan tersebut.

Sebab bersikap mesra kepada mantan pacar hanya menyebabkan banyak kebingungan dan kegalauan. Jika Anda dan mantan ingin mempertahankan persahabatan, Anda harus bersikap seperti teman. Tidak ada pelukan mesra, apalagi ciuman!

Hentikan perilaku apa pun yang membuat Anda berpikir, sepertinya kita tidak pernah putus mungkin adalah pilihan terbaik.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini