5 Makanan yang Sehat untuk Pencernaan, Apa Saja?

Anabel Lerric, Jurnalis · Jum'at 04 September 2020 08:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 04 298 2272418 5-makanan-yang-sehat-untuk-pencernaan-apa-saja-13q8Bmvnhm.jpg Buah pepaya (Foto: Times of India)

Usus memiliki peran penting dalam pencernaan. Oleh karena itu harus dijaga kesehatannya agar sistem pencernaan tetap bekerja dengan optimal.

Usus juga bertugas untuk mengolah sisa makanan yang tidak dapat dicerna, membentuknya menjadi feses, untuk kemudian dikeluarkan saat buang air besar.

Nah, untuk menjaga sistem pencernaanmu tetap sehat maka makanlah makanan sehat. Seperti dilansir NDTV, 5 makanan ini dapat dinikmati untuk sarapan pagi untuk menjaga pencernaanmu dengan baik. Simak ya.

 apel

1. Apel

Buah satu ini cukup banyak digemari orang di seluruh dunia karena rasanya yang manis. Tak hanya itu, apel juga sarat nutrisi yang baik bagi kesehatan. Apel kaya akan Vitamin A, C dan juga mengandung sejumlah mineral dan potasium. Ini membantu mengatasi masalah sembelit dan juga menjaga sistem pencernaan yang sehat berkat kaya serat

Buah ini dapat dikonsumsi dengan cara apa pun, mulai menikmatinya secara langsung bersama dengan kulitnya, atau membuatnya sebagai campuran jus yang menyegarkan.

2. Pisang

Selain rasanya yang nikmat, pisang memiliki manfaat untuk pencernaan yang sudah sangat terkenal, karena kandungan seratnya yang tinggi, yang juga penting untuk buang air besar yang baik. Pisang tunggal adalah tambahan yang mengenyangkan dan mengenyangkan saat sarapan.

3. Pepaya

Makan pagi adalah yang paling penting untuk menjaga sistem pencernaan, dan pepaya adalah makanan yang sempurna untuk memulai hari dengan untuk usus yang sehat. Memulai pagi dengan pepaya dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan sepanjang hari, karena enzim pencernaan yang disebut Papain hadir di dalamnya.

4. Mentimun

Mentimun mengandung enzim yang disebut Erepsin yang membantu pencernaan. Efek ajaib dari makanan sederhana ini bermacam-macam seperti memberikan bantuan dari keasaman lambung , gastritis dan tukak lambung. Sayuran menjadi rekomendasi untuk kesehatan usus.

 Baca juga: Cantiknya Zara Adhisty Dibilang Mirip Jisoo BLACKPINK, Netizen Dibikin Gemas!

5. Madu dan lemon

Madu dan lemon dengan air hangat dikenal dapat meningkatkan pencernaan dan kekebalan. Meminumnya di pagi hari dengan perut kosong dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini