Diserang Rasa Cemas, Coba Atasi dengan 5 Cara Ini

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 04 September 2020 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 04 481 2272452 diserang-rasa-cemas-coba-atasi-dengan-5-cara-ini-sQyU6jXdlN.jpg Merasa cemas (Foto: Victory Bay Recovery Center)

Di tengah pandemi Covid-19 memikirkan masa depan kadang-kadang membuat kita merasa cemas. Sebab pandemi ini menimbulkan ketidakpastian di berbagai lini kehidupan.

Nah, saat cemas mulai melanda coba kamu fokus untuk menenangkan dirimu sendiri. Terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencoba menghilangkan kecemasan Anda seperti dilansir dari Healthline. Apa saja?

 aroma terapi untuk menenangkan raa cemas

1. Berpikir positif

Rasa cemas biasanya berakar dari pikiran negatif dan ketidakpastian. Maka coba hilangkan pikiran negatif Anda. Salah satu caranya adalah dengan menantang ketakutan Anda, bertanya apakah itu benar, ataukah itu hanya pikiranmu saja. Lalu cobalah kendalikan pikiran dan emosi Anda dalam menghadapi situasi saat ini.

2. Fokus dengan yang di depan mata

Fokuslah dengan apa yang sedang Anda hadapi saat ini. Jangan berpikir terlalu jauh ke depan. Lalu cobalah bernapas dalam hitungan keempat, dan bernapas dalam 4 hitungan selama 5 menit. Menjelang malam, hal ini akan memperlambat detak jantung yang seharusnya dan membantu menenangkan Anda.

3. Gunakan aroma terapi

Baik itu dalam bentuk minyak, dupa, atau lilin, aroma seperti lavender, chamomile, dan cendana bisa sangat menenangkan dan membantu menenangkan pikiran Anda. Aromaterapi dianggap membantu mengaktifkan reseptor tertentu di otak Anda, yang berpotensi mengurangi kecemasan.

 Baca juga: Cantiknya Zara Adhisty Dibilang Mirip Jisoo BLACKPINK, Netizen Dibikin Gemas!

4. Jalan-jalan atau lakukan yoga 15 menit

Terkadang, cara terbaik untuk menghentikan pikiran cemas adalah berjalan menjauh dari situasi yang membuatmu cemas. Meluangkan waktu untuk fokus pada tubuh dan bukan pikiran Anda, dapat membantu meredakan kecemasan.

5. Minta bantuan pakar

Jika kamu terus-menerus cemas dan gelisah. Bahkan sampai mengganggu jam tidurmu, serta pekerjaanmu mungkin ini saatnya kamu mencari bantuan dari seorang pakar atau ahli. Jangan pernah malu meminta bantuan saat kita mendapatkan masalah.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini