Sering Sakit Kepala, Waspadai 4 Penyakit Ini!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 04 September 2020 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 04 481 2272546 sering-sakit-kepala-waspadai-4-penyakit-ini-j8LFZiDbPv.jpg Ilustrasi (Foto : Medicalnewstoday)

Kebanyakan suatu penyakit memang muncul dengan suatu gejala. Tetapi, ada juga beberapa masalah kesehatan yang tidak menimbulkan gejala terlebih dahulu. Jadi, jika Anda menganggap diri Anda sehat tetapi sering mengalami sakit kepala, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter.

Setiap orang mengalami sakit kepala sesekali, yang biasanya tidak menjadi perhatian, tetapi jika Anda mengalami sakit kepala kronis atau migrain, itu bisa menjadi tanda dari berbagai masalah kesehatan yang mendasarinya.

Dari kepala yang terus berdenyut hingga sensasi berdebar yang datang dan pergi, jika Anda sering mengalami sakit kepala, melansir Times of India, berikut empat masalah mendasar yang dapat diindikasikannya.

Penyakit kardiovaskular

Penyakit Jantung

Ada banyak penelitian yang menghubungkan migrain dengan masalah kesehatan kardiovaskular. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2006 yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menemukan bahwa sekelompok 27.000 wanita sehat, di atas usia 45, dengan kondisi migrain berada pada peningkatan risiko penyakit kardiovaskular termasuk kejadian kardiovaskular utama seperti infark miokard dan stroke iskemik.

Multiple sclerosis

Multiple sclerosis (MS) adalah penyakit pada sistem saraf pusat. Ini memanifestasikan dirinya sebagai masalah otot pada awalnya dan mungkin hanya muncul sebagai sakit kepala.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam European Neurology menemukan bahwa 78 persen pasien MS mengalami sakit kepala yang membaik setelah enam bulan menjalani pengobatan.

Epilepsi

Sakit Kepala

Sakit kepala yang sering terjadi bisa menjadi tanda epilepsi, kelainan otak yang menyebabkan kejang.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Headache and Pain menemukan bahwa sakit kepala ditemukan lebih sering terjadi pada orang dengan epilepsi daripada populasi pada umumnya. 60 persen pasien epilepsi telah melaporkan mengalami sakit kepala.

Fibromyalgia

Fibromyalgia adalah kelainan yang menyebabkan nyeri tubuh yang meluas, kelelahan, masalah dengan tidur, ingatan, dan suasana hati.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Clin Rheumatol, 76 persen orang yang mencari pengobatan untuk fibromyalgia dilaporkan mengalami sakit kepala kronis.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Headache and Pain menemukan hubungan antara migrain, gejala depresi, dan fibromyalgia. Jadi, jika Anda mengalami kombinasi dari ketiga masalah tersebut, silakan kunjungi dokter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini