4 Hewan Laut yang Bisa Jadi Obat Alami Kanker

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 04 September 2020 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 04 481 2272636 4-hewan-laut-yang-bisa-jadi-obat-alami-kanker-jtZ56z6PpM.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

HASIL Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan menunjukan, prevalensi kanker meningkat dari 1,4 persen pada 2013 menjadi 1,8 persen di 2018. Meskipun beragam obat antikanker telah tersedia, tapi masih belum mampu menekan angka kanker.

Data mencatat, sejak 1980, sekira 80 persen obat antikanker di pasaran adalah produk alami atau sintesis dari produk alami. Indonesia pun memiliki banyak obat alami tersedia.

Peneliti Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Ratih Pangestuti, Ph.D, mengatakan, dalam observasinya banyak biota laut Indonesia yang berperan sebagai agen antikanker alami dan ini harus dimanfaatkan dengan baik dan benar.

Kanker

Biota laut tersebut sebut saja teripang, rumput laut, sponge, ikan, dan mikroorganisme lainnya yang hidup di laut dalam Indonesia. "LIPI melalui Pusat Penelitian Oseanografi berkomitmen untuk meneliti dan mengembangkan bahan aktif dari organisme laut sebagai agen antikanker serta sumber pangan untuk mencegah kanker," kata Ratih.

Lantas, biota laut apa saja yang memiliki kandungan antikanker yang baik untuk mencegah mau pun mengobati kanker, berikut ulasannya

Ikan

Omega 3 dalam ikan menjadi antikanker yang baik untuk mencegah terbentuknya sel kanker di dalam tubuh. Makanya, pesan Menteri KKP Susi Pudjiastuti untuk rutin mengonsumsi ikan sangat baik dilakukan!

Teripang

Di dalam teripang ternyata mengandung antikanker yang baik untuk mencegah kanker payudara dan kanker ovarium. Kandungan antikanker tersebut antara lain chondroitin sulfate, glukosamin, dan kaya akan kolagen.

Sponge

Di dalam biota laut ini, terkandung miophin A dan miophin B yang mana ini ternyata senyawa antikanker yang bermanfaat untuk mengobati kanker, khususnya leukimia atau kanker darah. Ekstrak dari sponge ini antara lain; Lissoclinum patella, Oxycoryna fascicularis, Didemnum molle, Botryllus schlosseri, atau Spheciospongia inconstan.

 

Rumput laut

Bahan dasar agar-agar ini juga ternyata memiliki kandungan antikanker yang luar biasa. Kandungan fikosantin yang ada di dalam rumput laut ternyata efektif untuk mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh. Ratih menyarankan untuk konsumsi green caviar mentah atau rumput laut diolah menjadi sup untuk dikonsumsi secara rutin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini