Beautypedia: Apa Itu Nail Polish?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 04 September 2020 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 04 611 2272586 beautypedia-apa-itu-nail-polish-ZdAJD1tTSr.jpg Cat kuku (Foto : Myers Detox)

Nail polish atau cat kuku merupakan bagian dari kehidupan bagi sebagian wanita. Bahkan, beberapa dari mereka merasa tidak percaya diri ketika tak menggunakan cat kuku.

Cat kuku memang bisa mengubah penampilan Anda menjadi luar biasa. Bayangkan saja, hari ini kuku Anda bisa berwarna merah, dan esok harinya berwarna kuning atau apa pun sesuai selera Anda.

Hasil akhir yang diberikan cat kuku pun beragam. Mulai dari kilau hingga matte. Sangat berkontribusi untuk memperindah penampilan, sebenarnya apa cat kuku itu?

Melansir Byrdie pada Jumat (4/9/2020), secara umum komposisi cat kuku bergantung pada tiga elemen utama. Yakni pigmen untuk warna, dasar suspensi untuk konsistensi, dan polimer perekat yang memungkinkan cat menempel pada kuku sehingga tak mudah terkelupas.

Cat Kuku

Untuk lebih spesifik, pigmen yang biasanya ditemukan pada cat kuku sering ditemukan dalam rangkaian kosmetik dan termasuk bahan-bahan seperti titanium dioksida (warna putih dan lebih terang), titanium oksida (warna hitam dan lebih gelap), ultramarine (biru), kromium oksida (hijau), dan carmine (merah).

Baca Juga : Amanda Manopo Pakai Bra Pose Menggoda di Kasur, Netizen Malah Kecewa!

Basis suspensi terdiri dari berbagai pelarut seperti butil asetat dan etil asetat. Nitroselulosa bertindak sebagai polimer pembentuk film yang larut dalam pelarut, memungkinkan cat kuku menempel pada permukaan apa pun yang diaplikasikan.

Dari mana cat kuku berasal?

Belum diketahui pasti, namun terkait dengan asal-usulnya, cat kuku telah ada selama ribuan tahun lalu di Tiongkok kuno. Nah, kira-kira Okezoners suka pakai cat kuku warna apa nih?

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini