5 Kesalahan Usai Putus Cinta, Bikin Susah Move On!

Anabel Lerric, Jurnalis · Sabtu 05 September 2020 08:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 04 612 2272660 5-kesalahan-usai-putus-cinta-bikin-susah-move-on-PkieK8ZFxZ.jpg Ilustrasi putus cinta (Foto: Freepik)

Perpisahan memanglah bukan hal yang mudah untuk dilalui seseorang. Salah satunya, putus cinta. Saat salah satu pasangan menyadari bahwa hubungan mereka sudah tidak berjalan dengan baik dan harus memutuskan untuk berpisah, pastinya akan memilukan. Namun saat berpisah, kenangan yang selama ini dibangun, justru terus berulang dipikiran dan hati.

Karena hal itu, rasa ingin berkomunikasi dengan sang mantan pun bergejolak. Rasanya pasti ingin menghubunginya untuk sekadar menanyakan kabar atau melepas rindu. Tetapi, hal ini harus dihentikan.

Melansir Boldsky, berikut 5 hal yang harus dihindari pasca putus cinta.

1. Stalking mantan

Setelah putus cinta, pastinya akan sulit melupakan. Rasa patah hati akan selalu menyelimuti keseharian dan ingin sekali melihat ia kembali tetapi tidak bisa. Sosial medialah jalan satu-satunya agar dapat melihat ia kembali. Namun, hal itu harus dihindari karena akan selalu muncul rasa patah hati. Melepaskan dan merelakanlah jalan satu-satunya untuk Anda hidup kembali.

Ilustrasi putus cinta 

Baca juga: Maria Vania Selfie di Kamar Mandi, Netizen Langsung Minta Diculik!

2. Galau di sosmed

Sedih menjadi salah satu tanda emosional seorang manusia. Biasanya, untuk menyalurkan kesedihan adalah dengan memposting suatu kutipan atau curhat tentang kesedihan setelah putus cinta di sosial media. Tetapi, hal itu adalah kesalahan terburuk pasca putus cinta. Karena dengan mengakui patah hati dan berteriak tentang patah hati juga menuduh mantan pasangan Anda secara tidak langsung di media sosial, itu tidak akan membantu Anda untuk melanjutkan hidup. Hal itu akan membuat Anda merasa lebih baik namun hanya sesaat.

3. Mengisolasi diri dari dunia luar

Ya, putus cinta akan membuat Anda rasanya ingin terus menangis dipojokan kamar untuk meluapkan emosi dan tidak ingin bertemu dengan siapapun. Namun, jika terlalu lama mengunci diri di kamar, maka ini adalah salah satu kesalahan terburuk yang Anda lakukan. Putus tidak berarti hidup Anda telah berakhir. Anda harus keluar dari kesuraman Anda dan menjalani kehidupan normal seperti yang Anda lakukan sebelumnya. Jika tidak, Anda mungkin tidak bisa melupakan putus dengan mudah.

4. Menyalahkan diri sendiri

Putus cinta akan membuat kita menyadari segala kesalahan yang telah kita lakukan dalam hubungan. Tetapi jika terus menerus menyalahkan diri sebagai alasan putusnya hubungan, itu akan merusak kesehatan mental dan emosional Anda. Hadapi perpisahan dengan cara yang dewasa. Anda tidak perlu mengubah gaya rambut atau mendengarkan lagu sedih. Lebih baik mencari kesibukan seperti pergi ke perpustakaan untuk membaca buku atau pergi ke museum dari pada menyalahkan diri terus menerus.

Ilustrasi putus cinta 

5. Membandingkan diri dengan sang mantan

Saat putus cinta pastinya ada rasa penyesalan yang muncul. Hal itu akan membuat kita menjadi membandingkan diri dengan sang mantan. Tetapi hal itu justru menghancurkan Anda. Dengan membanding-bandingkan diri dengan orang lain, itu menandakan Anda tidak bahagia dengan diri sendiri. Sangat penting untuk dipahami bahwa mencoba menjadi orang lain dapat mengubah hidup. Anda harus makan, berpakaian, berjalan dan berbicara dengan cara yang sangat berbeda dari gaya hidup. Ini akhirnya dapat mengurangi harga diri dan kepercayaan diri Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini