Wanita Ini Jadi Kolektor Makanan Plastik Terbanyak di Dunia

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 04 September 2020 16:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 04 612 2272698 wanita-ini-jadi-kolektor-makanan-plastik-terbanyak-di-dunia-YXenYBWwup.jpg Ilustrasi (Foto: Tofugu)

SEORANG wanita bernama Akiko Obata telah mengumpulkan semua jenis makanan dari plastik. Kebiasaan ini telah ia lakukan sejak usianya masih menginjak 10 tahun, dan kini ia berhasil memiliki lebih dari 8 ribu koleksi.

Makanan yang terbuat dari plastik ini lebih dikenal dengan nama 'sampuru'. Pajangan makanan palsu ini biasanya digunakan oleh sebagian besar restoran untuk memamerkan hidangan mereka kepada calon pengunjung.

Meski demikian, sampuru adalah bagian penting dari budaya makanan Jepang. Mereka dapat memberi para pelanggan gagasan yang jauh lebih baik tentang apa yang akan mereka dapatkan di piring mereka.

Selain itu Sampuru juga membantu pemilik restoran memamerkan hidangan mereka dengan lebih baik. Pembuat sampuru sering kali berusaha keras untuk membuat produk mereka serealistis mungkin, dan beberapa di antaranya terlihat cukup enak untuk dimakan.

Melansir dari Oddity Central, Jumat (4/9/2020), Akiko Obata, bisa disebut sebagai kolektor makanan plastik paling berkomitmen di dunia. Ia jatuh cinta pada Sampuru lebih dari 30 tahun yang lalu, ketika saudara perempuannya membawa pulang sejumlah pajangan makanan palsu yang dibuang dari restoran tempat dia bekerja.

Semuanya sampuru yang dibawanya tampak begitu nikmat, dan dia menemukan benda tersebut sangat memesona. Sayangnya, ia baru mulai mengumpulkan makanan dari plastik itu 15 tahun yang lalu.

Pada 2015 Obata telah mengantongi Guinness World Record sebagai pemilik koleksi terbesar barang-barang terkait makanan siap saji. Obata, yang tinggal di dekat Bandara Narita, di Prefektur Chiba menyukai makanan penutup dari plastik.

Tak hanya itu koleksinya yang mengesankan juga menampilkan semua jenis hidangan. Mulai dari beberapa macam burger dan pizza, hingga spageti lengkap dengan garpu gantung, dan makanan tradisional Jepang seperti sushi.

 Wanita bernama Akiko Obata telah mengumpulkan semua jenis makanan dari plastik.

Baca juga: Jepang Temukan Pengobatan Efektif untuk Pasien Kritis Covid-19

“Replika bukanlah makanan asli, tapi saya benar-benar menghormati bagaimana setiap replika dibuat agar terlihat begitu nyata,” kata Obata.

Obata menggunakan seluruh ruangan di rumahnya yang didedikasikan untuk koleksi makanan plastiknya. Ia mengklaim bahwa perwakilan Guinness membutuhkan waktu satu hari penuh untuk memeriksa total 8.083 koleksinya.

Beberapa dari makanan tersebut adalah representasi dari berbagai hidangan dengan ukuran asli.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini