4 Cara Mengatasi Amarah, Coba Praktikkan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 04 September 2020 16:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 04 612 2272711 4-cara-mengatasi-amarah-coba-praktikkan-NijorHzVdi.jpg Sedang marah (Foto: Huffington Post)

Kadang kita merasa marah saat sesuatu tak sesuai dengan harapan dan keinginan kita. Misalnya saja, kita marah saat anak buah bekerja tak sesuai arahan.

Mungkin juga kita marah saat pacar tak peduli dengan kepentingan bersama. Namun jangan sampai amarahmu meledak ya.

 marah

Seperti dilansir dari Yourtango, berikut ini 4 cara meredakan amarah yang bisa kamu coba.

1. Tenangkan dirimu sendiri

Daripada meledakkan amarah, lebih baik mundurlah dari situasi dengan sopan. Cobalah untuk pergi ke tempat sepi untuk merenung sejenak.

Tulis catatan di ponsel Anda dan masukkan nama serta apa saja yang mereka katakan sampai membuat Anda merasa sangat marah, lalu coba untuk meredakan diri sendiri dengan mengambil sisi positif dari apapun yang telah dikatakan kepada Anda. Tarik napas dalam-dalam dan Anda akan merasa lebih tenan

2. Coba pahami diri sendiri

Anda tidak dapat mengubah orang lain dan begitu pula orang lain tidak bisa mengubah Anda. Hanya diri sendirilah yang mampu mengubah sikap dan perilaku secara keseluruhan. Seringkali, dengan mengubah diri sendiri, orang lain dalam hidup Anda akan mengubah perilaku mereka juga.

3. Jangan salahkan orang lain

Orang cenderung menyalahkan orang lain karena kemarahan, kegelisahan atau perilaku mereka sendiri. Meskipun Anda mungkin tidak menyukai apa yang orang lain katakan atau lakukan, tapi yang menentukan adalah sikap diri sendiri.

Meskipun telah mencoba untuk menyalurkan kemarahan, itu tidak benar jika menyalurkannya ke orang lain karena perilaku Anda adalah hasil dari keputusan sendiri.

 Baca juga: 4 Pesona Nicholas Saputra Berlibur, Ketampanannya Sungguh Paripurna

4. Jangan luapkan kemarahan

Waktu terburuk untuk mengatasi, memperbaiki, menyelesaikan, atau menangani apa yang terjadi adalah ketika sedang merasa kesal. Hindari membahas apa yang terjadi pada saat itu dengan segala cara, karena Anda cenderung tidak bisa berpikir jernih saat sedang marah.

Beri diri Anda waktu untuk mencerna apa yang terjadi. Lalu bicarakan masalah itu saat amarah sudah reda.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini