Orangtua Modern Lebih Cuek, Mitos atau Fakta?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 05 September 2020 07:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 05 196 2272959 orangtua-modern-lebih-cuek-mitos-atau-fakta-C3oACkKKdI.jpg Ibu dan anak (Foto: Inst cacadong)

Belajar untuk menjadi orangtua hebat bukan sebatas dari buku semata. Belajar menjadi orangtua hebat juga ternyata bisa dari anak.

Ya, pemahaman itu yang coba diamini Raisha Wirapersada. Modern mom yang satu ini masih dalam proses belajar untuk bisa menjadi ibu modern yang hebat, salah satunya belajar dari anaknya.

 orangtua dan anak

"Aku merasa, jadi orangtua yang luar biasa itu belajar bukan dari orang lain, melainkan dari anak aku sendiri. Dari dia aku belajar banyak hal, yang paling terasa belajar kesabaran," ungkap founder Kim & Kin Jakarta pada Okezone, belum lama ini.

Bicara mengenai orangtua modern, beberapa anggapan mencuat salah satunya sifat cuek dan terlalu membebaskan anak-anaknya. Hal ini menjadi nilai merah yang dianggap beberapa orang kurang dipahami dengan baik oleh orangtua modern.

Tapi, menurut Raisha atau yang biasa disapa Caca, dia tidak melihat orangtua modern itu cuek melainkan lebih ke memberikan ruang lebih kepada si anak untuk menentukan apa yang dia butuhkan, dan apapun yang sang anak ingin coba lakukan.

 Baca juga: Lagi Demam Disuntik Vaksin Kanker, Anak 11 Tahun Ini Malah Meninggal

"Kayak misalnya anakku mau main lompat-lompatan. Aku sama suami biasanya diemin aja supaya dia bisa eksplor yang dia mau. Kami pantau dari jauh dan ingetin dia buat hati-hati. Kalau dia jatuh, itu konsekuensi yang harus dia rasakan. Aku ingin anakku belajar lebih mengerti mana yang boleh dan enggak sesuai dengan apa yang dia rasakan sendiri," tutur pemilik akun Instagram @cacadong tersebut.

Caca pun percaya bahwa dengan membiarkan si anak mengeksplor sendiri, dia jadi tahu apa yang anaknya mau. "Karena enggak semua pendapat orangtua itu benar, lho," jelasnya.

Jadi, menurut Cacam tugas orangtua itu mendampingi dan mengingatkan kalau sudah kelewat batas.

Dari apa yang dia terapkan ini, Caca mendapatkan pelajaran luar biasa. Salah satunya cerita si anak sudah bisa memilih mau pakai baju apa. Menurut Caca, ini sangat penting supaya si anak merasa dihargai juga pendapatnya.

"Jadi, anakku tuh udah bisa milih mau pakai baju apa walau masih dipakein, ya, soalnya umurnya masih 3,5 tahun. Tapi, kalau misalkan aku suruh pakai baju 'u can see', dia nolak, malu katanya," cerita Caca lantas tertawa.

Tapi, Caca berusaha untuk memakaikan anaknya itu baju 'u can see' dengan memberi argumentasi 'Hulk saja enggak pakai baju keren', tapi tidak membuahkan hasil. "Dia tetap enggak mau pakai. Kalau sudah begitu, ya, sudah aku terima pilihannya. Aku mau menghargai juga keputusan apa maunya dia," ungkap Caca.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini