Hangout saat Weekend, Ini 5 Cara Mencegah Terkena Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 05 September 2020 18:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 05 196 2273103 hangout-saat-weekend-ini-5-cara-mencegah-terkena-covid-19-xnRmOZrEW2.jpg Hangout pakai masker (Foto: CNBC)

Di tengah pandemi Covid-19, banyak anak muda yang rindu hangout bersama teman-teman. Namun memang sebaiknya hangout dihindari sebisa mungkin.

Tapi kalau rindumu tak tertahankan untuk bertemu temanmu, hangout di kafe bisa dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

Melansir Times of India, berikut cara hangout di tengah pandemi Covid-19 namun tetap aman.

 selalu pakai masker

1. Selalu pakai masker

Meski kamu merasa sudah menjaga jarak dengan teman-teman sekitar 1 hingga 2 meter, namun memakai masker tetap harus dilakukan. Jika kamu belum terbiasa menggunakan masker, kamu mungkin merasa tak nyaman dan ingin melepasnya, tapi ingatlah orang-orang disekitarmu.

Meski kamu merasa sehat, bukan berarti kamu tidak memiliki risiko akan tertular Covid-19. Jadi, tetap patuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker ya.

2. Jangan hangout dengan banyak teman

Kamu bisa hangout berdua atau bertiga saja. Semakin sedikit orang maka akan semakin mengurangi risiko terkena Covid-19. Dan saat hangout harus jaga jarak minimal 1 sampai 2 meter antar teman. Masker juga harus terus dikenakan.

 Baca juga: Pesona Nicholas Saputra yang Tak Pernah Luntur, Tatapannya Menusuk Jiwa

3. Lakukan hangout di area outdoor

Generasi milenial memang dikenal lebih suka nongkrong di kafe ber-AC ketimbang main di luar. Akan tetapi, melakukan pertemuan di kafe saat pandemi masih berlangsung memiliki risiko lebih besar terhadap Covid-19.

Jadi, ketika kamu berencana untuk hangout, pilihlah tempat atau kafe outdoor karena berada di luar ruangan menurunkan risiko tertular infeksi, pastikan memilih tempat yang berventilasi baik untuk hangout.

4. Jangan berbagi makanan, minuman, atau alat makan

Saling berbagi makanan dengan teman-teman memang sudah menjadi tradisi. Namun saat ini lebih baik tidak dilakukan. Karena berbagi makanan memiliki risiko besar terhadap Covid-19.

Terlebih jika kamu atau temanmu tidak menjaga kebersihan tangan. Menyentuh wajah setelah makan juga berisiko besar terhadap penyakit itu. Makanya, jaga kebersihan tanganmu sebersih mungkin ya.

5. Usahakan tak ada kontak fisik

Karena berpelukan dan jabat tangan berisiko tertular Covid-19, maka usahakan tak ada kontak fisik dengan temanmu. Cukup pandang wajah mereka saja dengan jarak 1 meter, setidaknya itu juga bisa mengobati rasa rindumu bukan?

Selain itu, selalu membawa hand sanitizer serta hindari menyentuh benda-benda yang tidak perlu. Meskipun tidak ada cara yang lebih mudah untuk menghindari infeksi, namun mengambil tindakan ini akan membantu kamu meminimalkan risikonya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini