Anak Zaman Now Dinilai Kurang Bisa Menghargai, Ini Kata Modern Mom

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 05 September 2020 22:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 05 196 2273144 anak-zaman-now-dinilai-kurang-bisa-menghargai-ini-kata-modern-mom-N9tRGZEFrM.jpg Ibu dan anak (Foto: Inst cacadong)

Banyak orang menilai anak zaman now kurang bisa menghargai orang lain. Sifat mereka begitu bebas hingga akhirnya 'lepas kendali'.

Tapi, apakah pernyataan itu benar? Atau sebetulnya kasusnya ada tapi tidak bisa digeneralisasikan kepada semua anak zaman now?

 anak zaman now

Berkomentar terkait ini, Modern Mom Raisha Wirapersada menjelaskan, sejatinya enggak semua anak memiliki sifat tersebut. Kembali, itu semua tergantung dari bagaimana proses tumbuh setiap anak dan lingkungan serta didikan orangtuanya di rumah.

"Kalau ditanya apakah anak zaman now kurang bisa menghargai, menurut aku sih enggak semua, tergantung didikan keluarganya masing-masing saja," ungkapnya pada Okezone melalui pesan singkat, beberapa waktu lalu.

Berkaca pada dirinya sendiri, menurut Caca, sapaan akrabnya, di lingkungannya masih ditemukan banyak anak yang pengertian dan menghargai. "Baik itu menghargai benda atau orang lain," sambungnya.

Lagipula, menurut Caca, bagaimana anak bersikap salah satunya terkait dengan bagaimana orangtuanya 'mendoktrin' dia sejak dini. Jadi, ya, tidak bisa kemudian disamaratakan kalau anak zaman now itu semuanya tidak bisa menghargai.

Dia mengambil contoh anaknya sendiri yang berusia 3,5 tahun. Di usia yang masih batita, anaknya Caca ternyata sudah bisa bersikap 'lebih dewasa' daripada teman-teman sebayanya. Hal itu dia jumpai beberapa waktu lalu.

Jadi, si anak lagi suka dengan aktivitas memilih dan juga senang diajak ke minimarket. Momen tersebut dimanfaatkan sekali Caca untuk mengajarkan anaknya menghargai sekaligus bertanggung jawab dengan pilihanya.

"Aku ajak dia ke minimarket tapi kemudian aku ajarin dia buat beli satu barang saja yang paling dia mau. Kemarin dia ambil roti, terus enggak lama dia liat cokelat. Aku lihat banget dia kayak kebingungan, aku sebagai ibu ada rasa kasihan, tapi aku harus fokus ke goals aku," ceritanya.

Lalu, yang dilakukan si anak adalah menaruk kembali cokelat dan tetap menjinjing roti pilihannya. "Pas di rumah, aku lihat banget anak aku lahap makan rotinya. Aku terus mikir, dia lahap gitu karena emang itu yang dia pengen jadinya dinikmatin banget makannya," sambung pemilik akun Instagram @cacadong itu.

Hal yang bikin terenyuh lagi, kata Caca, belum lama ini anaknya berbicara dengannya tentang sesuatu. "Bu, aku mau berdoa terus ah, bu," kata si anak.

Baca juga: Pesona Nicholas Saputra yang Tak Pernah Luntur, Tatapannya Menusuk Jiwa

Caca kemudian menjawab, "Ya sudah berdoa saja, pinter." Nah, si bocah memberi jawaban yang membuat hatinya tersentuh, "Iya, biar ibu uangnya banyak biar aku bisa beli apapun."

Melakukan hal tersebut, Caca ternyata sempat galau yang akhirnya membuat dia cerita ke ibu lain yang lebih senior. Jawaban yang disampaikan teman-teman dia pun menenangkan Caca.

"Lanjutkan. Ada baiknya anak diajarin hidup prihatin, gitu, supaya besarnya lebih pengertian, menghargai apa yang dipilih si anak," kata Caca.

Okezoners, semoga apa yang diceritakan modern mom ini bisa menginspirasi sekaligus jadi medium belajar bersama untuk bisa menjadi orangtua yang lebih baik lagi buat anak-anak. Jangan pernah berhenti terus belajar, ya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini