Ini Alasan Perlu Puasa Usai Operasi Angkat Polip Rahim seperti Zaskia Sungkar

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 05 September 2020 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 05 481 2273016 ini-alasan-perlu-puasa-usai-operasi-angkat-polip-rahim-seperti-zaskia-sungkar-mL69358rtu.jpg Zaskia Sungka r(Foto: Inst Zaskia Sungkar)

Zaskia Sungkar baru-baru ini menceritakan perkembangan bayi tabung yang tengah ia lakukan. Sayangnya, kabar yang disampaikan bukan sesuatu yang menyenangkan, karena dia baru saja melakukan operasi pengangkatan polip rahim.

Polip rahim yang dimiliki Zaskia Sungkar ternyata menganggu proses transfer embrio bayi tabungnya. Karena itu, operasi dilakukan sebagai upaya terbaik memuluskan niatnya memiliki anak.

 puasa

Usai melakukan operasi, Zaskia bercerita kalau dirinya mesti berpuasa 24 jam penuh. Menurut dia, hal tersebut harus dilakukan karena meminimalisir muntah yang bisa terjadi jika tubuh mengonsumsi makanan.

Berkaca dari apa yang dialami Zaskia Sungkar, para pasien operasi pengangkatan polip rahim memang disarankan untuk beristirahat total usai tindakan. Bahkan, pasien diminta untuk dirawat di rumah sakit, bisa juga seperti yang dialami Zaskia, puasa 24 jam.

Nah, dalam proses pemulihan akan ada banyak kondisi tubuh yang dirasakan pasien. Dijelaskan dalam laman Healthline, dalam proses pemulihan pasien biasanya akan merasa tidak nyaman dan nyeri tubuh. Karena itu, dokter memberikan obat perda nyeri untuk meredakan sakit.

Bila ingin melakukan inisiatif sendiri, pasien diperbolehkan mengompres perutnya dengan kain hangat. Ini dikatakan setidaknya membantu mengurangi rasa nyeri yang muncul.

Selain nyeri, pasien operasi pengangkatan polip rahim juga bakal mengalami pendarahan ringan tak lama setelah operasi berlangsung. "Anda mungkin juga mengeluarkan cairan hingga 14 hari setelah perawatan. Cairannya itu mungkin berwarna merah muda hingga coklat," tulis laporan tersebut.

Meski begitu, pada beberapa pasien melaporkan siklus menstruasi mereka menjadi lancar kembali usai pengangkatan polip rahim. Ya, polip rahim bisa terbentuk salah satunya karena menstruasi yang tidak lancar.

Dokter pun menyarankan agar Anda tidak mengangkat sesuatu yang berat dulu usai operasi. Olahraga berat pun tidak disarankan. Tidak hanya itu, pasien operasi pengangkatan polip rahim pun disarankan tidak melakukan hubungan seksual selama 2 minggu atau lebih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini