Punya Jenggot karena WFH? Rawat Saja dengan 5 Cara Ini

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 06 September 2020 16:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 06 611 2273434 punya-jenggot-karena-wfh-rawat-saja-dengan-5-cara-ini-JCrgqlu2cn.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SELAMA pandemi Covid-19 ini, memang banyak orang memanjangkan rambutnya, lantaran masih khawatir ke salon atau tukang cukur. Tapi, bukan hanya rambut saja yang dipanjanggakan, melainkan juga janggut dan kumis. Bahkan, beberapa selebriti pun ikut memanjangkan janggutnya.

Janggut atau yang biasa disebut jenggot juga merupakan hal yang berharga bagi para pria. Karena itu adalah penanda maskulinitasnya. Namun, bagi para pemula yang sebelumnya tidak biasa memiliki janggut, mungkin akan timbul masalah gatal.

Untuk menghindari gatal pada janggot, Anda harus melakukan serangkaian perawatan. Melansir Times of India, berikut 5 cara merawat jenggot agar bebas gatal.

 

Cuci jenggot Anda secara teratur

Jenggot adalah rambut yang tumbuh di wajah. Karena itu, ketebalan janggut yang Anda miliki dapat membuat wajah Anda menjadi berminyak. Hal ini dapat menyebabkan infeksi bakteri dan jerawat yang berakibat pada gatal.

Jenggot

Untuk mencegahnya, Anda harus mencuci muka dan jenggot dua kali sehari baik dengan pencuci muka atau pembersih. Jika Anda berada di luar, gunakan tisu wajah untuk menyeka keringat di wajah dan janggut Anda.

Jaga agar tetap bersih dan terkondisi

Selain menjaga kebersihan jenggot, Anda juga harus menjaganya tetap lembab dan terkondisi setiap saat. Rambut jenggot berbeda dengan rambut di kepala kita.

Meskipun pendek, itu bisa sangat berantakan dan kusut. Oleh karena itu, lembutkanlah dengan bahan alami seperti lidah buaya dan minyak kelapa. Ini juga akan memudahkan Anda dalam menangani jenggot secara efisien.

Trim jenggot bila perlu

Janggut yang tak dipangkas dapat memicu banyak infeksi bakteri dan mikroba. Selain tidak terawat, janggut yang tak pernah di trim akan membuat wajah Anda tampak kumal. Untuk itu, coba trim janggut Anda secara berkala untuk mendapatkan bentuk yang rapi.

Jangan menggunakan bahan kimia

Bahan kimia adalah hal terburuk yang dapat terjadi pada jenggot kita. Meskipun kelihatannya sangat menjanjikan, produk kimiawi dapat menyebabkan peradangan dan iritasi kulit.

Jadi sebisa mungkin gunakanlah cara alami untuk memelihara dan merawat jenggot Anda.

Sisir jenggot Anda

Jangan lupa untuk menyisir jenggot Anda, setidaknya sekali atau dua kali sehari. Menyisir jenggot menjaganya tetap terawat serta membuatnya bebas kusut dan terlihat lebih rapi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini