Kenalkan Gadget saat Anak Berusia 4 Tahun, Ibu Ini Kini Menyesal

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 06 September 2020 22:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 06 612 2273504 kenalkan-gadget-saat-anak-berusia-4-tahun-ibu-ini-kini-menyesal-ZYHp90hga9.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ANAK-ANAK generasi Alpha memang memiliki pemikiran yang lebih dewasa dibandingkan dengan anak-anak generasi terdahulu. Wajar saja, ini karena anak-anak generasi Alpha lahir di saat teknologi sudah berkembang pesat.

Terlebih, saat ini anak-anak sudah mengenal teknologi seperti gadget dan internet. Ini membuat mereka dapat memiliki pengetahuan sebanyak-banyaknya yang bisa mereka ambil dari internet.

Namun, di balik kecanggihan anak-anak generasi saat ini, mereka juga dikenal sebagai anak-anak yang suka melawan. Beberapa anak dari generasi Alpha bahkan berani melawan guru dan orangtuanya.

Seperti yang dialami oleh Citra, ibu berusia 28 tahun yang saat ini tengah memiliki anak dengan usia 7 tahun. Citra yang menikah dengan suaminya saat berusia 19 tahun ini mengaku memiliki anak yang wataknya terlihat berbeda dari dirinya dan suaminya. Bahkan, anaknya sudah pandai mengumpat padahal baru berusia 7 tahun.

Gadget anak

"Aku pun generasi milenial ya, tetapi waktu aku kecil ya aku enggak berani melawan orangtua dan guru," ungkap Citra ketika dihubungi Okezone melalui pesan teks.

Ia bercerita, ketika anak satu-satunya itu sedang diberi nasihat, ia justru memberi nasihat balik kepada Citra. Walaupun usianya baru 7 tahun, namun putranya itu sudah pandai merangkai kata-kata.

"Jadi misalnya aku bilang ke dia, 'nak ini waktunya mengerjakan PR, jangan main handphone terus' tetapi anakku bilang, 'nanti dulu dong ma, ini kan masih siang, nanti malam juga bisa kalau ngerjain PR doang mah' jadi setiap diberi nasihat dia pasti menjawab," jelas Citra.

Citra mengakui bahwa ada satu kesalahan yang telah dibuatnya, yakni memperkenalkan gadget pada putranya saat ia masih berusia 4 tahun. Akibatnya, kini sang putra benar-benar kecanduan gadget.

"Awalnya aku mau anak aku terlihat pintar sejak usia dini. Makanya aku kenalin gadget ke dia sejak masih PAUD. Tetapi jadinya malah kecanduan gini," ujarnya.

Tetapi saat sedang tidak menggunakan gadget pun, lanjut Citra, perkataannya tetap kasar karena dipengaruhi oleh lingkungan tempatnya tinggal. Bahkan teman-teman seusianya pun melakukan hal serupa.

"Aku enggak tahu sih ya ini karena gadget atau bukan, soalnya teman-temannya juga berperilaku sama seperti anakku. Mereka juga kasar dan suka melawan orangtua. Mungkin mereka juga terpengaruh dari gadget. Sehingga aku kira ini agak sulit untuk mengubah tingkah laku anakku," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini