Dicintai Berlebihan? Jangan Bangga Siapa Tahu si Dia Sedang Melakukan Love Bombing

Vina Destya, Jurnalis · Senin 07 September 2020 15:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 07 196 2273863 dicintai-berlebihan-jangan-bangga-siapa-tahu-si-dia-sedang-melakukan-love-bombing-9KkpEIPIXd.jpg Waspada perilaku love bombing (Foto: Trip Savvy)

Saat sedang dimabuk asmara seseorang terkadang terhanyut sampai lupa. Kamu ingat semua kata-kata manisnya yang membuatmu mabuk kepayang hingga ke langit ketujuh.

Hati-hati, siapa tahu pacar barumu sedang melakuan love bombing alias memberikan hujan cinta. Nah, perlu diketahui, perilaku love bombing ini biasanya dilakukan oleh seorang penderita gangguan narsisme alias orang yang sangat mencintai diri sendiri secara berlebihan atau seorang sosiopat.

Seperti dilansir dari Health Line, love bombing dilakukan oleh seorang narsistik kepada pacar barunya demi meraih kepercayaan dan kasih sayang dengan cara yang manipulatif. Seolah-olah memang manis, namun lama-lama dia menjeratmu dengan kemanisannya hingga sesak napas dan tak berdaya. Kalau sudah begini, kamu segera putuskan saja, sebab cinta semacam itu hanya akan berakhir dengan toxic love!

Berikut tanda-tanda love bombing yang perlu kamu tahu, supaya kamu bisa selamat menjadi korban perangkap si narsistik.

 love bombing

1. Suka memberikan banyak hadiah

Love Bombing berkaitan erat dengan sesuatu yang diberikan berlebih, seperti halnya tanda satu ini. Dia akan memberikan hadiah-hadiah yang berlebihan. Alih-alih merasa bahagia telah memberikan sesuatu yang mahal atau berlebihan kepadamu, mereka malah akan berpikir kamu berhutang budi kepada mereka.

Itu sebabnya, karena sering memberikan hadiah kepadamu, pacarmu tak suka jika kamu menolaknya. Misal menolak menemani dia, maka dia akan sangat marah dan bisa berlaku kasar.

2. Menghujanimu berbagai pujian

Mendapatkan pujian memanglah sesuatu yang menyenangkan. Tetapi apa jadinya jika seseorang terus memberikan pujian sehingga terkesan berlebihan bahkan memuakkan?

Salah satunya jika seseorang mengungkapkan rasa cintanya dalam waktu yang singkat, misal baru bertemu sepekan, hal ini bisa menjadi tanda bahaya bahwa orang tersebut sepertinya tidak tulus.

Dia akan mengatakan, “Aku cinta semua tentangmu,” atau “Aku belum pernah menemukan orang sesempurna kamu.” Padahal faktanya kalian baru bertemu sepekan.

3. Terlalu sering menelepon dan memberikan banyak pesan

Komunikasi memang hal yang harus diperhatikan dalam setiap hubungan. Tetapi, mengirimi pesan dan menelepon selama 24/7 sangatlah berlebihan. Pasangan akan semakin protektif dan terus memberikan anda pesan dan menghujani Anda telepon setiap waktu.

Meskipun hal itu cukup normal untuk dilakukan dalam hubungan yang baru terjalin, tetapi nyatanya cukup berbahaya. Karena akan membebani sepihak. Yakni orang yang dihujani pesan akan merasa tertekan dan muak.

 Baca juga: Pesona Reza Artamevia Tampil Elegan dan Glamor

4. Meminta perhatian berlebihan

Hal ini biasanya terjadi pada pasangan yang terlalu berlebihan dalam mencari perhatian. Dia akan marah ketika pasangannya sedang menelepon temannya, atau tidak menuruti kemauannya karena pasangannya tersebut harus melakukan hal lain.

Westbrook sendiri menyatakan bahwa cinta sejati sebenarnya tidak ingin semua waktu dan energi Anda terfokus pada pasangan. “Mereka sangat menghormati komitmen, ide, dan batasan lain.” ungkapnya.

5. Mencoba meyakinkan pasangan bahwa Anda adalah belahan jiwanya

Dalam film, mengungkapkan secara gamblang bahwa ‘takdir mempertemukan kita untuk menikah’ adalah sebuah ungkapan romantis yang diinginkan banyak orang. Tetapi nyatanya, Westbrook mengatakan, bahwa cinta sejati dan sebuah hubungan tidak akan terlihat seperti sebuah film.

Tanda ini mungkin hampir serupa dengan memberikan pujian berlebih, tapi patut Anda garis bawahi ciri-ciri tanda ini adalah ketika pasanganmu mengatakan “Kita dilahirkan untuk bersama,” atau “Kita adalah belahan jiwa.”

6. Langsung meminta komitmen

Seseorang yang melakukan love bombing biasanya meminta pasangannya untuk terburu-buru dalam memutuskan suatu rencana besar, seperti sebuah komitmen tunangan atau pernikahan. Mereka akan membicarakan hal-hal terkait pernikahan, atau menginginkan untuk tinggal bersama padahal pertemuannya dengan pasangan masih relatif singkat.

Sebuah hubungan membutuhkan waktu tidak sebentar untuk berkembang. Westbrook menyampaikan bahwa dalam waktu dua bulan saja masih tidak mungkin jika seseorang sudah benar-benar bisa mencintai pasangannya lebih dari apapun di dunia ini.

7. Tidak menyukai batasan

Batasan yang dimaksud di sini adalah ketika kamu meminta pacarmu untuk memberikan waktu tetapi dia malah terus memanipulasi dan terkesan memaksamu untuk melakukan apa yang dia inginkan.

Tetapi jika seseorang yang memang tulus mencintai, maka dia akan menghormati keinginanmu atau mencoba lebih bersabar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini