Putus Cinta di Tengah Pandemi, Atasi dengan 5 Cara Ini

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 07 September 2020 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 07 196 2273921 putus-cinta-di-tengah-pandemi-atasi-dengan-5-cara-ini-R4tYseCIJk.jpg Putus cinta (Foto: 123 RF)

Setiap anak manusia sebenarnya tak ingin mengalami putus cinta yang berbuah pada patah hati. Namun terkadang hubungan cinta tak berjalan denga mulus, akibatnya putus cinta tak terelakkan lagi.

Memang putus cinta itu menyedihkan, terlebih di tengah pandemi Covid-19. Namu bagi kamu yang putus cinta di tengah pandemi, jangan putus asa, sebab semua akan indah dalam rencana Tuhan.

Nah, kalau kamu putus cinta saat ini, coba atasi dengan hal-hal berikut ini, seperti dilansir dari Independent.

 berduka

1. Berikan waktu dirimu untuk berduka

Saat kamu patah hati akibat kehilangan orang yang kamu cintai, pasti hatimu terasa pedih dan menyayat. Maka berikan waktu untuk dirimu sendiri meratapi kepedihan dan duka.

Kehilangan seseorang yang paling dicinta entah karena kematian atau putus hubungan bukan sesuatu yang mudah. Oleh karena itu, untuk memahami dan menerima kenyataan tersebut, dibutuhkan waktu berduka. Gunanya agar bisa memproses hal-hal yang telah terjadi dengan cara merefleksikan hubungan dan perilaku diri sendiri.

2. Jangan pura-pura tegar

Saat kamu sedih dan patah hati, kamu jangan pura-pura tegar. Jujurlah kepada dirimu sendiri bahwa hatimu sangat hancur lebur.

Daripada mencoba untuk menekan perasaan seolah-olah tidak ada masalah dan baik-baik saja, cobalah membiarkan diri merasakannya karena itu merupakan bagian integral dari proses penyembuhan. Proses berduka ini juga bermanfaat untuk lebih mengenal diri sendiri dan lebih mengetahui hal yang diinginkan dari sebuah hubungan.

 Baca juga: Pesona Reza Artamevia Tampil Elegan dan Glamor

3. Terhubung kembali dengan diri sendiri

Dalam banyak hubungan, fokus utama seseorang adalah pada kita daripada saya. Hubungan yang berakhir menawarkan kesempatan unik untuk lebih memanjakan diri sendiri.

Coba kamu mulai dari melakukan kegiatan favorit, mencoba hobi baru, atau lebih sering berkumpul dengan teman. Meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang membuat diri sendiri merasa baik dapat membantu meningkatkan suasana hati setelah putus.

4. Jika sedih tak berujung, maka jangan takut untuk meminta bantuan

Terkadang putusnya hubungan karena keputusan sepihak dari pasangan. Hal ini membuat kamu yang diputuskan sangat syok, merasa ditolak, bahkan tak berharga.

Tak jarang ada yang sampai memohon kepada pasangan agar hubungan tidak berakhir. Bila sudah begitu, mintalah bantuan teman atau anggota keluarga, bahkan psikolog dan psikiater untuk meringankan sebagian tekanan dan kesedihan.

5. Yakinlah waktu akan menyembuhkan

Seiring berjalannya waktu, perasaan terluka dan pengkhianatan dari putusnya hubungan akan berkurang. Entah itu berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Akan tiba masanya memikirkan mantan pasangan tanpa perasaan sedih dan terluka. Namun, jika perasaan negatif terus menggelayuti, mintalah bantuan profesional untuk memahami emosi-emosi tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini