6 Minuman Susu yang Bisa Membuat Tidur Nyenyak, Yuk Dicoba

Hantoro, Jurnalis · Senin 07 September 2020 18:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 07 298 2273997 6-minuman-susu-yang-bisa-membuat-tidur-nyenyak-yuk-dicoba-ts6IX3owjl.jpg Minuman susu. (Foto: Times of India)

TERKADANG seseorang merasa sulit tidur. Keadaan ini bisa dilatarbelakangi banyak hal, mulai kondisi tubuh kurang fit hingga adanya pikiran yang mengganjal di dalam kepala. Guna mengatasi sulit tidur itu ternyata ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah mengonsumsi minuman susu.

Meminum secangkir susu hangat sebelum tidur dinilai bisa meredakan kecemasan sehingga dapat membuat tertidur dalam waktu singkat. Kemudian ada banyak resep susu yang mengandung bahan-bahan yang didukung sains untuk memberi tidur nyenyak.

Berikut enam minuman susu yang bisa dicoba untuk mendapatkan tidur yang cepat, menenangkan, dan nyenyak, sebagaimana dikutip dari Times of India, Senin (7/9/2020).

1. Susu pisang untuk menenangkan otot

Tidur dengan nyeri otot adalah yang terburuk. Pisang kaya kalium dan magnesium yang dapat memberikan efek signifikan pada stres otot. Magnesium melemaskan otot dan kalium bermanfaat dalam menyembuhkan sindrom kaki gelisah. Pisang juga mengandung triptofan, asam amino yang mengatur tidur, dan berdampak positif pada insomnia serta tidur.

Resepnya, blender 1 pisang beku dengan 1 cangkir susu atau susu nonsusu pilihan Anda sampai halus. Anda juga bisa menambahkan 1 sendok madu atau sirup untuk rasa manis ekstra. Sajikan segera.

2. Susu lavender untuk tidur nyenyak

Lavender telah lama dikenal karena efeknya yang menenangkan. Baik untuk digunakan dalam aromaterapi atau teh, lavender selalu meningkatkan ketenangan dan relaksasi. Tapi tahukah Anda bahwa mengonsumsi lavender dapat memiliki efek terapeutik pada tidur karena meredakan kecemasan dan menginduksi tidur "gelombang lambat".

Resepnya, tempatkan 1 cangkir susu atau susu nonsusu, 1 sendok madu dan 2 tetes esensi vanila ke dalam panci di atas api sedang. Tambahkan kantong teh lavender dan didihkan. Matikan apinya dan biarkan agak dingin. Nikmati hangat.

3. Susu ceri merah muda untuk tidur nyenyak

Ceri mengandung melatonin dan minum jus ceri sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur orang yang mengalami insomnia. Jus ceri tart bekerja paling baik dalam hal mempromosikan tidur siang yang baik karena kaya akan melatonin dan triptofan, sehingga meningkatkan kadar serotonin di otak. Serotonin adalah bahan kimia "perasaan baik" yang memainkan peran penting dalam meningkatkan suasana hati, mengontrol siklus tidur, mengurangi peradangan, dan merilekskan otot yang sakit.

Resepnya, panaskan ½ cangkir susu atau susu nonsusu pilihan Anda dan tambahkan ½ cangkir jus ceri tart ke dalamnya. Angkat dari api dan aduk dengan 1 sendok madu atau sirup maple sesuai pilihan Anda. Taburi dengan ½ sendok kelopak mawar kering dan teguk hangat.

4. Susu kunyit untuk meredakan kecemasan

Jika Anda menderita kurang tidur, susu kunyit adalah obat yang telah dicoba dan teruji yang harus Anda masukkan ke dalam jadwal Anda. Susu kunyit mengandung antioksidan; itu melawan peradangan dan meningkatkan kualitas tidur. Kunyit bermanfaat untuk semua masalah tidur Anda karena mengurangi stres oksidatif, kecemasan, depresi, dan meningkatkan suasana hati. Efek gabungan ini membantu mengatur siklus tidur.

Resepnya, hangatkan 1 gelas susu, 1 sendok kunyit bubuk, ½ sendok kayu manis, ½ potong jahe parut, dan 1 sendok madu dalam panci. Aduk rata dan saring ke dalam cangkir. Minum segera.

5. Susu matcha untuk malam santai

Beberapa orang beranggapan bahwa matcha tidak boleh dikonsumsi sebelum tidur karena mengandung kafein. Namun, matcha mengandung kafein kurang dari setengah cangkir espresso. Selain itu, matcha sarat dengan L-theanine. Senyawa ini meningkatkan kadar dopamin dan serotonin tubuh, sehingga memungkinkan tidur nyenyak. Susu matcha juga memiliki efek signifikan pada tingkat kecemasan, suasana hati, metabolisme, dan kesehatan kita secara umum. Buatlah teh matcha ini dengan menambahkan bubuk matcha dengan susu dan madu.

Resepnya, tambahkan ½ sendok matcha powder ke dalam 1 cangkir susu atau susu non-dairy dan masukkan ke dalam blender hingga halus. Tambahkan pemanis pilihan Anda dan sajikan segera.

6. Susu stroberi untuk penambah melatonin

Stroberi mengandung kalium, vitamin dan antioksidan penting, serta membuat susu menjadi minuman yang enak untuk dinikmati sebelum tidur. Buah beri ini memiliki vitamin B-6 dalam jumlah tinggi yang mengontrol produksi melatonin, yang meningkatkan kualitas tidur pada mereka yang menderita insomnia. Ini juga menyeimbangkan siklus tidur-bangun.

Resepnya, haluskan stroberi, 1 cangkir susu atau susu nondairy pilihan Anda, 1 sendok vanilla dan 1 sendok madu dalam blender. Tuang ke dalam gelas dan taburi dengan 1 sendok stroberi cincang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini