Resep Kue Bolu Kukus Aula Aren Santan, Kudapan Sehat dan Enak

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 07 September 2020 23:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 07 298 2274042 resep-kue-bolu-kukus-aula-aren-santan-kudapan-sehat-dan-enak-3qxBfrILfY.jpg Bolu Kukus. (Foto: Cookpad)

MEMBUAT bolu kukus untuk bekal anak atau dibawa ke kantor memang cukup untuk menambah mood. Apalagi, kue yang kita buat sendiri tentu saja aman dari bahan-bahan yang tidak baik.

Jika punya gula aren, coba deh buat bolu kukus gula aren dan santan, seperti dibagikan oleh user Trias di Cookpad. Cara membuatnya pun cukup mudah, karena tidak memerlukan mixer.

Bolu kukus

Bahan A

200 gram gula aren

200 ml santan

1 lembar daun pandan simpulkan

1/4 sdt garam

1/2 sdt vanilla

Bahan B

2 butir telur

50 gram gula pasir

1/2 sdt soda kue

1/4 baking powder

Bahan C

200 gram tepung terigu

1 sachet susu coklat bubu

100 ml minyak goreng

Langkah

1. Siapkan semua bahan, masak bahan A sampai mendidih dan sisihkan supaya bersuhu ruang, jika sudah dingin saring

2. Mixer/wish bahan B sampai gula larut, mengembang dan putih berjejak

3. Jika sudah mengembang, masukan santan plus gula, terigu dan susu yang sudah diayak secara bergantian, sambil terus diaduk supaya merata dan terakhir masukan minyak goreng, sambil terus diaduk supaya merata

4. Panaskan kukusan sampai mendidih airnya dan beruap banyak, bungkus tutupnya kukusan dengan kain supaya airnya tidak jatuh di adonan bolkus, masukan adonan bolkus yang sudah dialasi dengan kertas roti, setelah 20 menitan, buka dan angkat bolkusnya, ada yang kurang merekah tapi hasilnya tidak bantet dan tetep nikmat di santapnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini