Minum Teh Lebih Baik Panas atau Dingin?

Hantoro, Jurnalis · Senin 07 September 2020 20:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 07 298 2274052 minum-teh-lebih-baik-panas-atau-dingin-MgsCQ8r24b.jpg Ilustrasi minuman teh. (Foto: Freepik)

ADA berbagai cara masyarakat Indonesia dalam menikmati minuman teh. Bisa diminum hangat atau panas, bisa juga ditambahkan es agar dingin. Banyak juga yang meminum teh secara dingin, pasalnya cuaca dalam negeri banyak dirasakan cukup panas.

Lalu yang menjadi pertanyaan, sebaiknya teh diminum ketika hangat atau dingin?

Baca juga: Ini 5 Teh Khas Indonesia yang Harum dan EnakĀ 

Jika ingin merasakan kenikmatan alami dari sajian teh, sebaiknya diseruput dalam keadaan hangat. Menikmati minuman teh dalam keadaan hangat bukannya tanpa alasan, sebab akan lebih mengeluarkan citarasa dan sedap aromanya.

Kemudian teh hangat juga memiliki kelebihan. Kandungan antioksidan teh hangat dapat lebih mudah bercampur dengan air dan diserap tubuh secara maksimal. Antioksidan pada teh hangat ini bisa meningkatkan kesehatan tulang dan mendukung sistem kekebalan tubuh, serta menurunkan kemungkinan kanker.

Teh. (Foto: Freepik)

Sementara es teh yang kerap menjadi pilihan sejumlah orang memang bisa memberikan kesegaran bagi orang yang meminumnya. Namun untuk memperoleh kandungan nutrisi dari teh, tubuh kita membutuhkan waktu yang lebih lama.

Baca juga: 6 Minuman Susu yang Bisa Membuat Tidur Nyenyak, Yuk Dicoba

Setelah diseduh dan dicampur dengan air, sebaiknya tunggu sekira 4 jam sebelum disajikan. Hal itu bertujuan agar kandungan di dalam teh tetap ada sehingga dapat diserap oleh tubuh.

Selain itu, es batu yang ditambahkan ke dalam teh disarankan terbuat dari air teh yang dibekukan juga sehingga tidak terlalu mengencerkan teh yang dibuat.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini