Jaga Kebersihan Tangan Bisa Cegah Penularan Penyakit Hepatitis A

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 07 September 2020 17:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 07 481 2273952 jaga-kebersihan-tangan-bisa-cegah-penularan-penyakit-hepatitis-a-eCulneXqtX.jpg (Foto: Shutterstock)

HEPATITIS A masih menjadi penyakit yang sering dialami masyarakat dunia. Terdapat sekira 1,4 juta kasus Hepatitis A setiap tahunnya di dunia. Bahkan angka kematian dari penyakit ini pun terus meningkat sejak 1990 hingga 2005.

Pada akhir tahun 2019, Kota Depok bahkan menetapkan Hepatitis A sebagai KLB (Kejadian Luar Biasa) karena banyaknya kasus yang menyerang masyarakat. Bukan hanya menyerang dewasa, kasus Hepatitis A juga menginfeksi siswa usia sekolah.

Hepatitis A adalah infeksi yang menyerang organ hati dan bisa menyebabkan penyakit ringan sampai berat. Penyakit ini disebabkan oleh virus Hepatitis A. Meskipun jarang terjadi, penyakit hepatitis A juga dapat menyebabkan kematian.

Menurut CDC, Hepatitis A dapat menginfeksi anak-anak, terutama mereka yang tinggal di area dengan sanitasi rendah. Kasus Hepatitis A sangat erat hubungannya dengan sanitasi yang tidak bersih dan perilaku masyarakat yang jorok.

Virus Hepatitis A umumnya menyebar secara fecal-oral. Artinya seseorang dapat tertular Hepatitis A ketika memegang benda, mengonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi kotoran orang yang terinfeksi virus ini.

 Hepatitis A masih menjadi penyakit yang sering dialami masyarakat dunia.

Baca juga: Dokter Tirta Sebut 5 Alasan Masyarakat Tidak Mau Pakai Masker

Beberapa skenario penularan Hepatitis A pada anak-anak yang biasanya terjadi jika orangtua mereka terinfeksi. Seorang anak bisa juga tertular akibat kontak dengan orang yang terinfeksi yang secara tidak sengaja menyiapkan atau memasak makanan untuk mereka.

Penularan bisa terjadi apabila seseorang memasak tanpa mencuci tangan, atau tidak mencuci dengan baik bahan makanan dan minuman yang telah terkontaminasi virus Hepatitis A.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini