6 Tips Sepedaan Aman dari Covid-19, Coba Yuk

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 07 September 2020 17:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 07 481 2273954 6-tips-sepedaan-aman-dari-covid-19-coba-yuk-rxHXTZQbBm.jpg Main sepeda (Foto: The Ecologist)

Di tengah pandemi Covid-19 orang beramai-ramai sepedaan guna meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun sebaiknya saat sepedaan juga memikirkan keselamatan dan kesehatan diri.

Seperti dilansir dari Consumer Reports, ini 6 tips sepedaan aman di tengah pandemi Covid-19. Simak ya.

 sepedaan

1. Sepedaan sendirian

Meskipun Anda boleh bersepeda, tapi tidak dianjurkan untuk melakukannya secara berkelompok. Sebaiknya Anda sepedaan sendirian dan selalu menjaga jarak sekiranya dua meter dari orang lain.

2. Bawa lap untuk sterilisasi

Bawa lap untuk melakukan sterilisasi pada setang, kursi, rem dan permukaan lain yang biasa disentuh sebelum Anda mengendarai sepeda.

3. Gunakan peralatan yang baik dan benar

Pastikan sebelum bersepeda, Anda menggunakan peralatan yang baik dan benar. Beberapa di antaranya adalah helm, kacamata, sarung tangan, pakaian dan lampu. Setiap perlengkapan ini memiliki perannya sendiri dalam bersepeda. Jangan sampai, alih-alih menghindari virus corona, Anda justru melanggar standar minimum yang harus dilakukan dalam bersepeda.

 Baca juga: Pesona Reza Artamevia Tampil Elegan dan Glamor

4. Jangan lupa bawa masker

Meskipun saat bersepeda Anda tak perlu memakai masker saat melaju kencang namun tak ada salahnya membawa masker sebagai persiapan. Misalnya kamu bisa memakai masker saat kamu sedang istirahat waktu sepedaan.

5. Patuhi protokol keselamatan di jalan

Tak hanya perlengkapan yang aman dalam bersepeda serta protokol kesehatan terhadap Covid-19, keselamatan dalam perjalanan juga menjadi hal yang tidak kalah pentingnya.

Anda harus mematuhi hukum yang berlaku dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas, sinyal, dan marka jalan. Selalu waspada selama berada di jalan juga tak kalah pentingnya.

6. Cuci tangan dan mandi usai sepedaan

Gunakan pembersih tangan yang tepat dan cuci tangan sesegera mungkin setelah sepedaan. Setelah bersepeda, pastikan Anda mandi dan bersihkan pakaian termasuk peralatan bersepeda lainnya seperti sarung tangan, kacamata, helm, jaket atau barang yang dikenakan lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini