Kenali Gejala Seseorang Tertular Penyakit Hepatitis A

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 07 September 2020 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 07 481 2273973 kenali-gejala-seseorang-tertular-penyakit-hepatitis-a-dEB9EKdTz0.jpg (Foto: Shutterstock)

HEPATITIS A adalah infeksi yang menyerang organ hati dan bisa menyebabkan penyakit ringan sampai berat. Infeksi hepatitis A sebagian besar tidak menyebabkan penyakit hati jangka panjang (kronis) dan jarang berakibat fatal.

Terdapat sekira 1,4 juta kasus Hepatitis A setiap tahunnya di dunia. Bahkan angka kematian dari penyakit ini pun terus meningkat sejak 1990 hingga 2005. Bukan hanya menyerang dewasa, kasus Hepatitis A juga menginfeksi siswa usia sekolah.

Hepatitis A dapat menginfeksi anak-anak, terutama mereka yang tinggal di area dengan sanitasi rendah. Kasus Hepatitis A sangat erat hubungannya dengan sanitasi yang tidak bersih dan perilaku masyarakat yang jorok.

Sama seperti penyakit lainnya, seseorang yang terinfeksi Hepatitis A memiliki gejala khusus. Berikut beberapa gejala yang menunjukkan seseorang telah tertular virus Hepatitis A:

1. Demam

2. Kelelahan

3. Kehilangan selera makan

4. Mual

5. Muntah

6. Sakit perut

7. Urin berwarna gelap

8. Diare

9. Kotoran berwarna tanah liat

10. Nyeri sendi

11. Penyakit kuning (kulit dan mata menguning)

 Hepatitis A adalah infeksi yang menyerang organ hati dan bisa menyebabkan penyakit ringan sampai berat.

Baca juga: Jaga Kebersihan Tangan Bisa Cegah Penularan Penyakit Hepatitis A

Sekira 70 persen anak-anak di bawah usia enam tahun tidak menunjukkan gejala-gejala ini ketika mereka terinfeksi Hepatitis A. Selain itu, anak yang terinfeksi Hepatitis A tanpa terdeteksi gejalanya juga dapat menjadi sumber penularan virus ini kepada orang lain.

Virus Hepatitis A mampu bertahan hidup di luar tubuh selama berbulan-bulan lamanya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini