Sering Mengancam Anak, Ini Cara Mencegah Hepatitis A

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 07 September 2020 20:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 07 481 2274008 sering-mengancam-anak-ini-cara-mencegah-hepatitis-a-68LA8gddcI.jpg (Foto: Newsatjama)

HEPATITIS A masih menjadi musuh masyarakat di seluruh dunia. Terdapat sekira 1,4 juta kasus Hepatitis A setiap tahunnya di seluruh dunia. Bahkan angka kematian dari penyakit ini pun terus meningkat sejak 1990 hingga 2005.

Hepatitis A adalah infeksi yang menyerang organ hati dan bisa menyebabkan penyakit ringan sampai berat. Hepatitis A dapat menginfeksi anak-anak, terutama mereka yang tinggal di area dengan sanitasi rendah.

Virus Hepatitis A umumnya menyebar secara fecal-oral. Ini artinya seseorang dapat tertular Hepatitis A ketika memegang benda, mengonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi kotoran orang yang terinfeksi virus ini.

Tentunya ada beberapa cara efektif yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit Hepatitis A. Berikut ulasannya.

1. Memperbaiki sanitasi, yaitu penyediaan air bersih dan pembuangan limbah (dalam hal ini, tinja).

2. Biasakan untuk mempraktekkan kebersihan dasar yang baik. Salah satunya dengan mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi, mengganti popok, dan sebelum menyiapkan atau makan makanan. Cara ini dapat digunakan untuk mencegah penyebaran virus Hepatitis A.

3. Vaksinasi, terutama saat akan bepergian ke daerah dengan risiko penularan yang tinggi jika berasal dari daerah atau negara dengan tingkat endemisitas rendah dan sedang.

 Hepatitis A masih menjadi musuh masyarakat di seluruh dunia.

Baca juga: Jaga Kebersihan Tangan Bisa Cegah Penularan Penyakit Hepatitis A

World Health Organization (WHO) menekankan akan pentingnya pemberian vaksin Hepatitis A. Mereka merekomendasikan masuknya vaksin Hepatitis A ke dalam program wajib imunisasi nasional bagi anak yang berusia satu tahun ke atas.

Selain itu imunisasi juga wajib diberikan kepada anak yang tinggal di daerah dengan perubahan endemisitas Hepatitis A tinggi ke sedang. Vaksin hepatitis A biasanya diberikan dalam 2 kali suntikan dengan selang waktu 6 bulan.

Kedua suntikan vaksin ini dibutuhkan untuk dapat memberikan perlindungan jangka panjang. Vaksin tak hanya diberikan kepada anak, tapi juga untuk orangtua dan anggota keluarga lainnya.

Vaksin sangat penting bagi anak, karena biasanya mereka kurang memperhatikan dan mempraktekkan kebersihan dasar yang baik.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini