Hubungan Kurang Baik dengan Ibu? Ini Solusinya agar Kembali Harmonis

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 08 September 2020 12:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 08 196 2274330 hubungan-kurang-baik-dengan-ibu-ini-solusinya-agar-kembali-harmonis-iv8zTRw7Dn.jpg Ibu dan anak (Foto: Daily Mirror)

Sebagian orang tidak memiliki hubungan baik dengan ibunya, hal ini kemungkinan disebabkan beberapa faktor yang membuat ibu dan anak kerap bersitegang. Tapi bukan berarti keduanya terus berdebat, ada solusi bisa dicoba buat kamu yang punya permasalah tersebut.

Dilansir dari laman Times of India, Dr. Ishita Mukerji, Psikolog Senior mengatakan, pertama kamu harus tahu akar permasalahannya antara kamu dan ibumu. Mengapa selalu berbeda pendapat, karena kalau dibiarkan terus-menerus ini akan jadi toxic atau racun dalam kehidupan.

 ibu dan anak

“Saya merasa alasan pertama dan terpenting dari konflik adalah perbedaan pendapat, dan harapan yang dimiliki ibumu dari kamu. Meskipun, kita tidak dapat mengontrol apa yang berasal dari orang lain, namun kita dapat mengontrol respons dan reaksi kita sendiri terhadap keadaan atau perdebatan itu,” katanya.

Ia melanjutkan, caranya adalah salah satu dari ibu atau anaknya ada yang mengalah. Selain itu beberapa poin ini bisa jadi solusi untuk mengakhiri semuanya. Sehingga hubungan ibu dan anak kembali harmonis.

Nah, saat kamu sedang berkonflik dengan ibumu, cobalah cara berikut ini untuk mengatasinya.

Baca juga: Waspada! "Pesan Menakutkan" Bisa Buat WhatsApp Rusak

1. Mengakui pemicunya, cobalah untuk mengungkap ketidakamanan yang mengakar, serta menyebabkan ada pemicu yang selama ini dialami.

2. Berpikir, merefleksikan, dan menanggapi, tidak setiap situasi atau individu membutuhkan reaksi. Bahkan ketika kamu berpikir untuk kembali, luangkan waktu sebentar, introspeksi situasi dan bertindak yang sesuai.

3. Berlatih meditasi Luangkan waktu 15 menit dalam sehari, sebaiknya dilakukan sebelum tidur dan bermeditasi.

4. Teknik relaksasi saat marah, otak kita menghasilkan banyak pikiran. Untuk menenangkan pikiran kita, dan atur pola pernapasan.

5. Berlatih perhatian, ketidaksabaran muncul ketika kita mencoba mengintip ke masa depan daripada memikirkan apa yang terjadi hari ini di masa kini.

6. Pilih satu hari di mana kamu dapat berlatih kesabaran dengan penuh perhatian dan kesadaran.

7. Carilah penasihat, jika kamu merasa ingin berbicara dengan seseorang dan menemukan solusi. Carilah nasihat juga jika kamu merasa gelisah, tidak sabar, dan terganggu dengan apa yang terjadi dalam keluarga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini