5 Makanan untuk Meningkatkan Kualitas Tidur, Dicoba Yuk

Dara Siti Nabillah, Jurnalis · Selasa 08 September 2020 14:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 08 298 2274428 5-makanan-untuk-meningkatkan-kualitas-tidur-dicoba-yuk-iRV8vITYom.jpg Tidur nyenyak (Foto: Health Line)

Tidur nyenyak di malam hari merupakan cara untuk mengembalikan energi di hari selanjutnya. Oleh karena itu, tidur nyenyak sangat penting bagi kesehatan tubuh dan menambah energi.

Tidur nyenyak juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu juga menjaga kesehatan otak. Oleh karena itu tidur sangat penting, apalagi di tengah pandemi Covid-19.

Rupanya terdapat sejumlah makanan yang bisa meningkatkan kualitas tidur. Apa saja?

 kacang almond

1. Kacang almond

Kacang almond adalah jenis kacang pohon yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Almond adalah sumber nutrisi yang sangat baik, karena 1 ons kacang almond panggang mengandung 18% dari kebutuhan harian orang dewasa untuk fosfor dan 23% untuk riboflavin.

Satu ons kacang juga menyediakan 25% kebutuhan mangan harian untuk pria dan 31% dari kebutuhan mangan harian untuk wanita.

Almond juga dapat meningkatkan kualitas tidur, karena memiliki kandungan melatnin yang memberi sinyal kepada tubuh untuk siap tidur.

 

2. Daging kalkun

Di Indonesia mengonsumsi daging kalkun sedikit tabu. Tapi ternyata daging kalkun merupakan makanan yang baik dimakan sebelum tidur.

Jumlah protein dan triptofannya yang tinggi. Dari pada mengkonsumsi daging sapi atau daging ayam lebih baik makan daging kalkun agar cepat tidur.

 Baca juga: Waspada! "Pesan Menakutkan" Bisa Buat WhatsApp Rusak

3. Teh kamomil

Teh kamomil termaksud teh herbal yang terkenal karena memiliki flavon. Flavon merupakan golongan antioksidan yang mengurangi peradangan yang sering berujung pada penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

Teh kamomil juga dapat meningkatkan sistem imun, mengurangi kecemasan dan depresi, meningkatkan kesehatan kulit, serta juga dapat meningkatkan kualitas tidur.

4. Buah kiwi

Buah kiwi kaya akan serotonin dan antioksidan, yang keduanya dapat meningkatkan kualitas tidur saat dimakan sebelum tidur.

Antioksidan dalam buah kiwi juga sangat bagus untuk menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh.

5. Jus ceri

Jus ceri mengandung hormon melatonin yang meningkatkan tidur dan dapat membantu mendorong tidur malam yang nyenyak.

Ceri juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Jadi tidak masalah diminum menjelang tidur. Oleh karena mari dicoba yuk!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini