5 Manfaat Alpukat yang Perlu Kamu Ketahui

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 08 September 2020 17:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 08 298 2274578 5-manfaat-alpukat-yang-perlu-kamu-ketahui-7mBOW8j4Fx.jpg Manfaat alpukat (Foto: Inst Kriyatex.id)

Alpukat merupakan buah yang disukai oleh banyak orang. Selain rasanya yang gurih, alpukat juga bagus untuk kesehatan.

Alpukat juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti dilansir dari Healthline, berikut ini manfaat alpukat yang perlu kamu ketahui.

 alpukat

 

1. Mengurangi kolesterol

Alpukat bermanfaat membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh. Kandungan lemak tak jenuh dalam alpukat diketahui dapat membantu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Beberapa penelitian telah menunjukkan mengonsumsi alpukat dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL), menurunkan trigliserida darah serta meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Oleh sebab itu, bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi, mengonsumsi alpukat dapat dilakukan sebagai upaya menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Mengandung magnesium

Makan buah alpukat juga membantu meningkatkan fungsi otot dan saraf. Sebab alpukat mengandung magnesium yang dapat menjaga kesehatan tulang, mengatur gula darah, serta membantu produksi energi.

Bagi orang yang menderita migrain, harus banyak konsumsi alpukat karena efektif mencegah kambuhnya sakit kepala sebelah.

Baca juga: Waspada! "Pesan Menakutkan" Bisa Buat WhatsApp Rusak

3. Mengandung kalium

Elektrolit dalam alpukat juga membantu menjaga keseimbangan cairan normal di tubuh kita. Baiknya yakni membantu fungsi saraf dan otot, serta meningkatkan fungsi jantung agar tetap normal.

4. Mengandung banyak serat

Makan alpukat juga meningkatkan kesehatan usus. Selain itu, dapat juga menurunkan kolesterol, menstabilkan gula darah, mengendalikan nafsu makan, serta menjaga berat badan agar tetap ideal.

5. Mengurangi risiko terkena kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa nutrisi dalam alpukat mungkin memiliki manfaat dalam mencegah kanker prostat dan menurunkan efek samping kemoterapi. Alpukat juga mengandung asam folat yang tinggi, para peneliti percaya bahwa asam folat melindungi sel terhadap mutasi yang tidak diinginkan dalam DNA dan RNA selama pembelahan sel.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini