5 Makanan untuk Menurunkan Berat Badan, Coba Yuk

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 08 September 2020 18:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 08 298 2274593 5-makanan-untuk-menurunkan-berat-badan-coba-yuk-ZUzGLr6QMA.jpg Cokelat hitam (Foto: Peak Performance)

Dalam menurunkan berat badan memang banyak cobaan. Misalnya godaan makanan yang lezat dan penuh lemak.

Sebenarnya kamu tak usah khawatir, masih banyak makanan yang enak namun bisa membantumu untuk menurunkan berat badan. Apa saja ya?

 telur

1. Telur

Saat Anda berusaha menurunkan berat badan, telur sangat bermanfaat. Telur mengandung protein tinggi, lemak sehat, dan juga dapat membuat Anda merasa kenyang dengan jumlah kalori yang relatif rendah.

Makan telur saat sarapan dapat membuat orang kenyang lebih lama, sehingga mereka akan makan lebih sedikit pada waktu makan selanjutnya.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau, seperti bayam, kale, sawi, lettuce, brokoli, kembang kol, dan kol brussel mempunyai banyak serat dan rendah kalori, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai makanan penurun berat badan.  

Serat dalam sayuran dapat membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga asupan makan Anda bisa lebih terjaga. Selain itu, kandungan kalsium di dalamnya juga terbukti dapat membantu pembakaran lemak, menurut beberapa penelitian.

Baca juga: Waspada! "Pesan Menakutkan" Bisa Buat WhatsApp Rusak

3. Buah apel dan pir

Apel dan pir mengandung cukup serat yang dapat memperlancar pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang, sehingga dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

Selain itu, apel atau pir yang langsung dimakan juga dapat menekan nafsu makan Anda. Mengunyah apel atau pir dapat mengirimkan sinyal ke otak bahwa Anda telah makan sesuatu. Sebaiknya konsumsilah buah ini beberapa jam sebelum Anda makan.

4. Dark chocolate

Selama ini mungkin Anda mengira bahwa cokelat dapat menyumbang banyak kalori ke dalam tubuh Anda. Namun, bagaimana dengan dark chocolate? Ternyata dark chocolate justru dapat membantu Anda saat sedang diet. Makanan ini bisa menjadi camilan Anda.

 

Dark chocolate yang mengandung banyak antioksidan ini dapat membuat Anda puas setelah memakannya. Hal ini karena kandungan serotonin yang membuat bahagia, theobromine, dan magnesium yang ada dalam kakao.

Untuk mendapatkan manfaat ini, sebaiknya Anda mengonsumsi dark chocolate yang mengandung kakao lebih dari 70%.

5. Yogurt

Yogurt, terutama greek yoghurt, juga dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Kandungan protein tinggi dalam greek yoghurt dan kandungan asam dalam yogurt dapat membuat Anda lebih kenyang dalam waktu lebih lama.

Selain itu, bakteri probiotik yang terkandung dalam yogurt juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini